Yeti, Makhluk Hidup di Kutub yang Masih Menjadi Misteri

Yeti, Makhluk Hidup di Kutub yang Masih Menjadi Misteri

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan Yeti? Makhluk hidup di kutub yang juga disebut-sebut sebagai penjaga pegunungan Himalaya ini menyimpan berbagai misteri yang masih belum dipecahkan secara tuntas. Ada banyak sekali mitos yang tersebar mengenai makhluk besar tersebut. Apakah sebenarnya Yeti itu ada atau hanya sebuah mitos? Saat ini telah banyak laporan mengenai keberadaan makhluk tersebut, bahkan para ahli juga telah melakukan yang terbaik untuk menelisik keberadaan makhluk tersebut. Namun, kebenaran masih memiliki tabir misterinya tersendiri. Ingin tahu beberapa mitos terkait makhluk penuh misteri tersebut? Langsung saja kita simak infonya berikut ini.

1.    Mitos Yeti tahun 1832

Pada tahun 1832, makhluk besar dan berbulu mulai dikenal oleh mata dunia. Hal tersebut tak lain dan tak bukan adalah karena seorang perwakilan dari Inggris bernama B.H. Hodgson yang sedang berada di Nepal melaporkan bahwa ia melihat sesosok makhluk yang berbulu di seluruh tubuhnya dan berjalan tegak.Beberapa tahun kemudian tepatnya pada 1899, Laurence Waddell menemukan sebuah jejak kaki yang mirip dengan kera besar dan ia pun mengira bahwa jejak tersebut adalah jejak beruang. Keberadaan makhluk hidup di kutub yang disebut-sebut segabai Yeti itu pun masih belum sepopuler sekarang.

2.    Pendaki Inggris

Seratus tahun kemudian tepatnya di tahun 1951, seorang pendaki asal Inggris bernama Eric Shipton menyebarkan sebuah foto jejak kaki dengan panjang 14 inci dan lebar 8 inci yang oleh penduduk setempat disebut-sebut sebagai jejak kaki Yeti. Kemudian mulai terkuaklah mitos mengenai Yeti yang kemudian membuat nama Yeti tersebut mendunia dan membuat tak hanya satu atau dua orang saja merasa tergelitik untuk menyusuri mitos tentang makhluk besar yang biasa hidup di daratan bersalju tersebut.

3.    Yeti dan Lumut

Menurut mitos yang berkembang di wilayah Nepal, Yeti, si makhluk hidup di kutub tersebut akan melintasi ladang salju saat ia sedang mencari lumut sebagai makanannya. Penduduk Nepal percaya bahwa kandungan garam pada lumut yang ada di batuan merupakan sumber makanan bagi Yeti. Namun seorang peneliti dari Inggris kemudian menyebutkan bahwa alasan Yeti mencari lumut kerak itu dikarenakan lumut tersebut kaya akan mineral dan gizi. Dan mitos lain mengenai makhluk yang hidup di dataran penuh salju ini pun masih berlanjut.

4.    Pandai Bersembunyi

Disebutkan bahwa Yeti merupakan makhluk hidup di kutub yang pandai sekali dalam hal bersembunyi, Menurut masyarakat Himalaya yang percaya bahwa Yeti adalah penjaga pegunungan dengan deretan gunung-gunung paling tinggi di dunia tersebut, mereka percaya bahwa Yeti adalah makhluk hidup yang sangat pandai bersembunyi. Habitatnya dipercaya berada jauh dan terisolasi dari peradaban manusia. Menurut para pemburu, makhluk besar tersebut tinggal di dalam hutan pegunungan Himalaya yang tinggi dan tidak bersalju. Selain itu mereka juga dipercaya sebagai makhluk yang bisa berayun-ayun dari satu pohon ke pohon lainnya.

5.    Jejak Kaki

Salah satu hal yang paling sering dieskpos mengenai makhluk hidup di kutub yang satu ini adalah mengenai jejak kakinya. Tak jarang banyak yang mengklaim telah menemukan jejak kaki makhluk berbadan besar tersebut. Salah satu yang belum lama dieskpos adalah tentang seorang host televisi dan rekan-rekannya yang menemukan jejak kaki besar di daerah terpencil di Himalaya saat membuat sebuah film dokumenter. Mereka menemukan jejak kaki Yeti tersebut setelah berkelama selama 3 hari dari daerah Lukla yang berjarak 250 KM dari arah barat laut kota Nepal.

Dalam penemuan terbaru tersebut, tapak kaki tersebut berupa tapak kaki utuh yang besarnya dua kali lipat dari ukuran kaki manusia. Para penjelajah tersebut menyebutkan bahwa makhluk hidup di kutub yang dikenal sebagai Yeti tersebut tingginya mencapai 2,4 meter. Penemuan ini disebut-sebut sebagai sebuah penemuan yang sangat berharga dalam penyelidikan mengenai Yeti dan mitos-mitos tentangnya.

Disisi lain, sampai saat ini masyarakat di wilayah pegunungan Himalaya masih sangat percaya akan mitos mengenai makhluk bernama Yeti tersebut, meskipun bukti mengenai keberadaannya masih belum terungkap sepenuhnya. Ya, keberadaan Yeti, si makhluk hidup di kutub tersebut memang masih penuh misteri

Baca juga Hutan Yang Masih Menjadi Misteri

Tags: Binatang

Posting Terkait "Yeti, Makhluk Hidup di Kutub yang Masih Menjadi Misteri"

5 Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Bukti Fosilnya!
Dinosaurus terbesar sepanjang sejarah merupakan bagian sejarah
Inilah Mengapa Terjadi Fenomena Albino Pada Hewan!
Kita semua pasti sering melihat fenomena albino,
Hutan Yang Masih Menjadi Misteri, Simak Info Mencengangkan Ini!
Hutan sebagai salah satu bagian penting di
Jangan Pernah Menyentuh Tumbuhan Ini Jika Tak Ingin Mati Seketika
Bukan hanya hewan, tumbuhan yang biasanya menjadi