Waw!! Kamera Pertama Untuk Memotret Bumi Dari Stasiun Antariksa AS Tahun 1973 Dilelang, Benarkah?

Kamera tersebut digunakan untuk memotret bumi dari stasiun antariksa, setelah 40 tahun beroperasi dan telah banyak melakukan tugas dengan baik, salah satunya adalah pada saat komandan Chris Hadfield mengambil gambar pertamanya dari stasiun antariksa.

Kamera The Hasselblad 500 EL / M dimodifikasi secara khusus untuk menghadapi kondisi yang sempit serta hampa udara di skylab serta dikombinasikan dengan pakaian antariksa. Kerja sama NASA dengan Hasselblad untuk mengembangkan sebuah kamera yang pada saat itu dikenal dengan nama kamera moon (kamera bulan), bahkan ada beberapa unit yang siap dibawa ke bulan.

Kamera Pertama Memotret Bumi Dari Stasiun Antariksa AS Tahun 1973 Dilelang

Kamera ini rencananya akan dijual dengan banderol harga 50.000 hingga 60.000 Euro dan telah dibawa serta langsung dilelang pada hari sabtu di Wina, Austria. Model kamera yang sama juga telah dibawa ke bulan sedangkan du belas Hasselblads masih tetap ada di permukaan bulan sampai saat ini.

Kamera The Hasselblad 500 EL / M dibawa ke bulan pada tahun 1973 selama NASA melakukan misi Skylab 3 dan Skylab 4. Kamera langka tersebut digunakan di stasiun antriksa pertama Amerika Serikat pada tahun 1972 pada misi Skylab. Kamera The Hasselblad 500 EL / M dikembangkan oleh NASA sehingga mampu digunakan di permukaan bulan, walaupun model ini sebelumnya tidak pernah berhasil digunakan.

Perlu diketahui bahwa Skylab merupakan stasiun luar angkasa yang diluncurkan serta dioperasikan oleh NASA dan stasiun ruang angkasa pertama milik Amerika Serikat. Skylab mengorbit dari Bumi pada tahun 1973-1979, yang berisi ruang kerja, observatorium surya, dan sistem lainnya. Stasiun ini diluncurkan dengan menggunakan roket tak berawak Saturn V yang telah dimodifikasi, dengan massa mencapai 169.950 pon (77 ton).

Tiga misi berawak ke stasiun, yang dilakukan adalah antara tahun 1973 dan 1974 dengan menggunakan Apollo Command/Service Module (CSM) di atas lebih kecil dari Saturn IB, masing-masing menyampaikan kru tiga astronot. Pada dua misi berawak yang terakhir, tambahan Apollo / Saturn IB siap untuk menyelamatkan awak yang berada di orbit jika itu diperlukan.

Skylab sempat mendapat kerusakan selama peluncurannya pada saat perisai meteoroid mikro dipisahkan dari workshop, karena melepaskan salah satu panel suryanya serta memacetkan panel satunya sehingga menyebabkan panel yang ada pada Skylab tersebut tidak bisa direntangkan. Hal tersebut menyebabkan Skylab kehilangan perlindungan dari panas matahari karena kekurangan pasokan tenaga listrik sehingga mengancam kinerjanya. Awak pertama berhasil menyelamatkannya dengan perbaikan Skylab dengan membebaskan panel surya yang macet dan merentangkan pelindung panas penggantinya.

Telah dibuat perencanaan untuk misi memperbaiki Skylab dengan menggunakan pesawat ulang-alik untuk mendorong orbitnya serta memperbaikinya. Namun, pengembangan pesawat ulang-alik tersebut ditunda. Pada tahun 1979, Skylab akhirnya memasuki atmosfer Bumi dan hancur. Puing-puingnya menghantam sebagian wilayah yang ada di Australia bagian barat.

Kamera The Hasselblad 500 EL / M dimodifikasi secara khusus dengan kunci besar, sehingga para astronot dapat dengan mudah mengubah film sambil mengenakan sarung tangan yang besar di permukaan bulan. Selain itu NASA juga mengganti cermin refleks pada kamera dengan finder setinggi mata agar lebih mudah digunakan meski dalam keadaan sempit sekalipun. Model kamera yang sama juga telah dibawa ke bulan sedangkan dua belas Hassebalds masih tetap ada di permukaan bulan.

Demikian ulasan tentang kamera pertama yang memotret bumi dari stasiun antariksa Amerika Serikat pada tahun 1973 yang dilelang. Semoga infromasi yang diberikan bisa menambah wawasan dan bermanfaat. Terima kasih.

Tags: kamera Kamera The Hasselblad 500 EL / M

Posting Terkait "Waw!! Kamera Pertama Untuk Memotret Bumi Dari Stasiun Antariksa AS Tahun 1973 Dilelang, Benarkah?"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah