Tips Desain Ruang Bawah Tanah Agar Dapat Anda Manfaatkan

Membosankan.com – Apa Anda memiliki ruang bawah tanah yang ingin Anda maksimalkan potensinya? Jika ya, di bawah ini ada tips desain ruang bawah tanah agar dapat Anda manfaatkan.

Setiap orang ingin memaksimalkan tiap inchi ruang di rumahnya, dan menambah potensi ruang bawah tanah Anda menjadi ruang layak tinggal adalah cara yang bagus untuk melakukan hal itu. Untuk melakukan tips desain ruang bawah tanah agar menjadi ruang berguna dan indah sesuai yang Anda impikan, inilah hal yang dapat lakukan.

  1. Buat Jadi Ruang Keluarga / Ruang Rekreasi

Tips Desain Ruang Bawah Tanah Agar Dapat Anda Manfaatkan

Ruang bawah tanah ideal untuk aktifitas sosial sederhana untuk seluruh keluar, atau untuk anak-anak Anda. Itu adalah titik sempurna untuk TV layar lebar, game center, atau untuk menyimpan game board atau perkakas.

Buat ruangan ini menarik dengan mendekorasikannya seperti layakanya ruangan lain. Pilih furnitur yang nyaman dan cukup mudah untuk diatur kembali untuk mengakomodasikan beberapa orang lain di lain waktu. Masukan juga sound sistem, koneksi internet, dan penerangan yang bagus untuk membuat ruang ini berfungsi dengan baik

2. Masukan Kamar Tidur dan Kamar Mandi

Tips Desain Ruang Bawah Tanah Agar Dapat Anda Manfaatkan

Kamar tidur di ruang bawah tanah yang dilengkapi dengan kamar mandi adalah kamar yang tepat untuk tamu atau remaja.

Pikirkan tentang siapa yang akan tidur di basement dan fasilitas apa yang mereka butuhkan untuk membantu Anda menentukan dimensi yang tepat. Untuk dapat secara nyaman memasukan tempat tidur double, Anda membutuhkan ruangan dengan minimal 12 M2. Jika tempat tidur kembar lebih Anda perlukan, rencanakan setidaknya 14 M2.

3. Tambahkan Dapur atau Ruang Laundry

Tips Desain Ruang Bawah Tanah Agar Dapat Anda Manfaatkan

Mini kitchen di ruang bawah tanah dapat lebih menghibur. Penyertaan mini kitchen dapat membuat ruang bawah tanah dengan tempat tidur dan kamar mandi menjadi ruang tamu khusus.

Dapur membutuhkan akses ke air panas dan dingin, juga stopkontak untuk kulkas, oven microwave, meja perkakas kecil, dan mungkin dishwasher kecil beserta lacinya.

Ruang laundry juga ide yang tepat pada ruang bawah tanah, tapi itu membutuhkan aliran air di lantai dan akses ke tembok luar untuk alat pengering.

4. Desain tangga yang atraktif dan aman

Tips Desain Ruang Bawah Tanah Agar Dapat Anda Manfaatkan

Anda tentu sudah memiliki tangga menuju ruang bawah tanah, tapi saat Anda melakukan renovasi, pastikan mereka memenuhi stAndar dan terlihat baik. Jika mereka tidak di tempat yang nyaman, pertimbangkan untuk memindahkan mereka ke tempat yang lebih baik.

Standartnya bervariasi dengan konfigurasi tangga dan bentuk baluster, sehingga Anda perlu berbicara kepada peninjau bangunan tentang rencana Anda. Melakukan konsultasi pada arsitek atau prodessional dalam hal desain rumah lain juga merupakan ide yang bagus, untuk membantu Anda mendesain tangga yang bekerja baik dengan rencana Anda yang lain untuk memanfaatkan ruang bawah tanah Anda.

5. Pilih lantai yang nyaman dan praktis

Kecuali jika Anda menginstall sublantai tripleks, lantan ruang bawah tanah ada kemungkinan besar adalah lempeng beton. Untungnya, beton dapat menerima kebanyakan pilihan lantai, dari ulas, vinil, lapisan tipis, ubin, atau karpet.

Kebanyakan lantai kayu padat tidak direkomendasikan untuk instalasi di bawah, karena itu dapat menyusut dan mengembang, dan menyebabkan celah dan melengkung. Kayu yang telah direkaya merupakan alternative bagus karena peluang untuk menyusut dan mengembang lebih rendah.

6. Usir kesuraman dengan pencahayaan memadai

Tips Desain Ruang Bawah Tanah Agar Dapat Anda Manfaatkan

Perencanaan terhadap cahaya yang memadai adalah kunci untuk membuat ruang bawah tanah Anda menjadi tempat kumpul yang menarik. Teknik pencahayaan dapat membuat pencahayaan yang menyeluruh dan juga menyinari lemari buku dan juga sebagai karya seni.

Disamping pencahaan tersembunyi, pertimbangkan track light dan pendan untuk menyingkirkan bayangan di permukaan dimana Anda akan beker, bermain, atau membaca. Gunkan lampu tabel dan lampu lantai untuk membuang bayangan di sudut dan berikan task lightning (penerangan setempat) disamping kursi dan sofa.

Nah, dengan tips desain ruang bawah tanah yang tertera di atas, Anda dapat memaksimalkan ruang bawah tanah Anda agar menjadi lebih hidup, tidak hanya menjadi tempat berkumpul ‘hewan peliharaan’ Anda, yaitu laba-laba.

Tags: bawah tanah desain ruang bawah tanah desain rumah

Posting Terkait "Tips Desain Ruang Bawah Tanah Agar Dapat Anda Manfaatkan"

Tips Desain Rumah Terbuka Atau Open Floor Concept
Untuk beberapa, ruang tertutup masih menyimpan pesonanya.
Tips Desain Lemari Dapur Anda Agar Klik Dengan Warna Temboknya
Saat Anda memperbaharui lemari dapur Anda dengan