Tips Aman Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana Matahari Total suatu momen langka, unik, dan juga fenomenal yang banyak orang tunggu, karena hal ini terjadi di Indonesia setiap 350 tahun sekali. Tentunya hal langka tersebut tidak begitu saja dilewatkan oleh sebagian orang, dan ditahun 2016 kita akan diberi kesempatan untuk menikmati fenomena tersebut yakni pada tanggal 9 Maret 2016.

Tips Aman Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Namun seperti yang kita ketahui, Matahari merupakan salah satu objek langit yang sangat terang, sehingga kita tidak di anjurkan untuk melihat matahari secara langsung. Apalagi saat terjadi Gerhana Matahari nanti, sangat tidak dianjurkan untuk melihat Gerhana Matahari Total dengan mata telanjang karena tentunya sangat berbahaya bagi indera penglihatan kita.

Pada saat terjadi Gerhana Matahari, ketika piringan Matahari tidak tertutup oleh Bulan secara keseluruhan, maka saat itu kita tidka diperbolehkan untuk mengamatinya secara langsung. Kita diperbolehkan melihat Matahari pada saat totalitas saja yakni posisi dimana matahari telah tertutup secara penuh.

Namun tetap harus diwaspadai, totalitas Gerhana Matahari hanya berjalan beberapa saat saja, jadi saat totalitas itu selesai, kita harus segera berhenti mengamati matahari tersebut.

Ada beberapa larangan yang harus kamu ketahui jika ingin menikmati fenomena Gerhana Matahari Total, diantaranya :

  1. Melihat Matahari langsung dengan mata telanjang
  2. Melihat matahari dengan berbagai optik seperti kamera, binokuler, teleskop, dan sebagainya
  3. Menggunakan klise film/rontgen yang ditumpuk
  4. Melihat dengan kacamata hitam
  5. Melihat pantulan dengan air didalam baskom
  6. Melihat dengan keping DVD / CD

Perlu kita ingat, jika retina mata tidak memiliki sensor syaraf rasa sakit, sehingga saat retina mata kita rusak karena paparan sinar matahari yang berlebihan, kita tidak akan merasakan apa-apa sebelumnya, sehingga cenderung untuk meneruskan mengamatai matahari.

Namun akibatnya adalah setelah kita selesai mengamati Gerhana Matahari Total secara langsung, kita akan mengalami kerusakan pada retina mata baik itu bersifat sementara maupun permanen, dan hal yang paling berbahaya adalah kita bisa mengalami kebutaan secara permanen.

Jika kamu ingin menikmati fenomena Gerhana Matahari Total secara langsung, kita memiliki beberapa cara agar mata kamu terlindungi dari bahaya yang dihasilkan oleh sinar matahari, berikut ini cara yang bisa kamu coba :

1. Menggunakan kacamata gerhana atau bisa juga kacamata matahari.

Untuk mendapatkan kacamata matahari ini kamu bisa menemuinya di dadc dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 35.000 saja. Kacamata ini pernah digunakan untuk mengamati transit plaent Venus di tahun 2012 lalu.

2. Menggunakan filter matahari di depan kamera, teleskop, binokuler, dan sebagainya.

Kalian bisa mendapatkan filter matahari ini di dadc denan harga mulai Rp 175.000 dengan ukuran 10 x 10 cm. dengan menggunakan filter matahari ini dapat menyelamatkan mata kamu dari kerusakan akibata paparan cahaya Gerhana Matahari Total.

3. Menggunakan proyeksi lubang jarum.

Metode ini merupakan hal yang sederhana, murah, praktis, dan bisa kamu buat sendiri dirumah, kamu bisa memanfaatkan kotak sepatu di rumah, lalu buatlah lubang kecil dengan dimensi 3×3 cm untuk menempelkan aluminium foil yang juga diberi lubang jarum. Kamu buat pula lubang pada bagian samping untuk mengintip citra proyeksi yang telah dihasilkan. Jika semakin panjang kotak yang kamu gunakan, maka citra proyeksi yang dihasilkannya pun juga semakin besar.

Nah itu tadi beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk melihat fenomena langka yakni Gerhana Matahari Total nanti, bagaimana ? tertarik mencobanya ?

Tags: gerhana gerhana matahari

Posting Terkait "Tips Aman Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah