Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah pernah mendengar tentang karya seni yang satu ini. Yup lukisan dari seorang seniman handal yakni Leonardo Da Vinci ini memang masih menjadi misteri tentang siapa sebenarnya sosok dari lukisan Monalisa tersebut.

Selain itu, yang menjadi perdebatan para seniman dunia mengenai lukisan Mona Lisa ini adalah tentang senyuman pada mahakarya Leonardo Da Vinci tersebut. Dan beberapa waktu lalu, para peneliti dari Inggris telah memecahkan misteri tersebut, yakni dengan cara membandingkan dengan lukisan karya Leonardo Da Vinci Lainnya.

Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa

Kali ini yang mereka jadikan acuan adalah lukisan La Bella Principessa, yakni sebuah potret dari putri seorang bangsawan Milanese. Dari lukisan tersebut para peneliti menemukan petunjuk yang sangat menarik, yakni tentang bagaimana artis Renaissance tersebut melukis Mona Lisa dengan sedemikian rupa.

Jika dilihat dari kejauhan, memang lukisan Mona Lisa ini nampak terlihat tersenyum manis, namun setelah kamu melihatnya dengan jarak dekat, lukisan Mona Lisa terlihat mengerutkan bibirnya sehingga memunculkan kesan jika sedang bersedih.

Para peneliti dari Sheffield Hallam University telah meyakini, jika Leonardo Da Vinci ini dalam lukisan Mona Lisa maupun La Bella Principesssa telah memberikan sebuah efek khusus sebagai teknik ilusi, efek tersebut biasa disebut dengan “Sfumato” yang memiliki lembut ataupun pucat dinegara Italia. Sehingga warna halus serta nuansa sekitar mulut dari kedua lukisan tersebut mampu membuat sebuah ilusi optik yang cerdas.

Jika kita memiliki fokus pada mata subyek tersebut, maka bibir akan tampak miring halus ke atas sehingga terkesan dengan senyum tentatif. Akan tetapi jika kita melihat secara dekat dan berfokus pada mulut subyek tersebut, maka akan nampak jelas jika lukisan tersebut terlihat datar.

Michelle Newberry dan Alessandro Soranzo, yang merupakan pemimpin dalam penenlitian ini telah melakukan berbagai exsperimen untuk memecahkan misteri dari lukisan Mona Lisa ini, yakni dengan cara meminta para relawan untuk melihat lukisan Mona Lisa dan La Bella Principessa dari jarak serta sudut pandang yang berbeda.

Mereka juga telah menunjukkan sebuah salinan digital dari lukisan tersebut yang dibuat kabur dengan ukuran derajat yang berbeda-beda.

Dalam sebuah makalah yang telah diterbitkan oleh jurnal Vision Research, mereka mengatakan jika bentuk mulut La Bella Principessa tergantung pada jarak dan tingkat blur ketika melihatnya, telah ditemukan juga bahwa perubahan yang telah dirasakan di dalam kemiringan mulut lukisan La Bella Principessa mampu mempengaruhi ekspresinya.

Dan hasilnya, para relawan yang telah ikut berpartisispasi dalam penelitian tersebut telah mengungkapkan jika baik lukisan dari Mona Lisa maupun La Bella Principessa memiliki kesan “smiley” jika dilihat dari jarak yang agak jauh maupun ketika gambar tersebut sedikit kabur.

Kesimpulan yang diperoleh oleh para peneliti terkait lukisan Mona Lisa ini adalah, dimana Lenordo Da Vinci memang sengaja memberikan efek tersebut.  Dan Soranzo juga mengatakan jika melihat teknik yang dimiliki oleh Leonardo Da Vinci yang sangat tinggi, serta penggunaan selanjutnya pada Mona Lisa, maka bisa disimpulkan jika efek ambiguitas tersebut memang disengaja dilakukannya. Hal itu telah dilansir pada National Post pada 21 Agustus 2015 lalu.

Sehingga kali ini sudah diketahui jika sebenarnya lukisan Mona Lisa tersebut memiliki dua ilusi yakni antara gadis yang sedang tersenyum serta sedang bersedih.

Tags: misteri mona lisa

Posting Terkait "Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa"

Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak
Mata Air Ini Bisa Ubah Sesuatu Menjadi Batu, Benarkah ?
Air merupakan sebuah zat cair yang sangat