Tempat Wisata di Pontianak Yang Menarik dan Mempesona

Sebagai kota yang berada di garis Khatulistiwa, Pontianak menjadi kota yang terkenal karena menjadi garis imajinasi yang membelah bumi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan. Untuk meningkatkan predikatnya dibangunlah sebuah tugu yang berada tepat di lokasi yang menjadi salah satu titik garis khatulistiwa. Selain itu, pontianak juga menjadi salah satu kota yang dilalui sungai kapuas dan sungan landak yang sudah sangat melegenda ditelinga kita.

Jika kita berlibur kekota Pontianak, tidak ada salahnya jika kita berkunjung ke kedua sungai tersebut. Bukan hanya itu saja, di Pontianak juga memiliki beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan anda diantaranya sebagai berikut.

Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Keraton ini dibangun sekitar tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang merupakan sultan pertama kesultanan Pontianak. Uniknya di kota Pontianak yaitu rumah atau bangunannya didominasi dengan warna kuning dan terbuat dari kayu kalimantan yang terkenal dengan sebutan kayu besi karena memiliki kekuatan yang bagus dan unggul. Didalam keraton kadriah tersebut anda bisa melihat beebrapa peninggalan kuno seperti meriam dan beberapa peninggalan jepang dan portugis.

Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Masjid ini menjadi saksi bisu awal mula kota Pontianak. Bersama keraton kadriah masjid ini menjadi terkenal dengan bentuk atapnya yang bertingkat empat dan terdapat pilar utama yang terbuat dari kayu belian berdiameter 0.5 meter masjid ini mampu menampung hingga 1.500 lebih jamaah. Masjid ini dibangun dengan gaya seperti rumah panggung untuk menghindari banjir ketika sungai kapuas meluap.

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Jika anda berkunjung kekota Pontianak, sempatkan lah waktu untuk melihat-lihat tugu khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat pontianak. Tugu ini berada disekitar 3 km dari pusat kota pontianak. Tugu utama terdiri dari 4 pilar kayu belian dengan dua pilah dibagian belakang lebih tinggi dari depannya. Ditugu ini juga terdapat informasi yang berisi tentang garis imajinasi bumi. Disekitar tugu ini juga terdapat beberapa toko yang menjual souvenir miniatur tugu khatulistiwa. Saat-saat terbaik anda mengunjungi tugu ini yaitu pada tanggal 21 – 23 maret atau 21 – 23 september. Karena pada waktu-waktu tersebut akan terjadi fenomena alam dimana matahari berada tepat diatas garis khatulistiwa sehingga semua benda yang berada diatas garis khatulistiwa tidak akan memiliki bayangan.

Rumah Betang Radakang

Rumah Betang Radakng

Mungkin nama ini terdengar asing ditelinga kita, namun bagi para wisatawan yang datang dari kota lain pastinya penasaran dengan rumah ini. Rumah Betang Radakng merupakan replika rumah adat suku dayak di Kalimantan Barat yang sengaja dibangun oleh pemerintah kota Pontianak sebagai tempat wisata. Alhasil pemerintah kota pontianak meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia yaitu panjangnya mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.

Taman Alun-alun Kapuas

Taman Alun-alun Kapuas

Keberadaan sungai kapuas memang sudah sangat melekat bagi penduduk Pontianak. Selain digunakan sebagai jalur transportasi air, pinggiran sungai kapuas juga kerap menjadi tempat rekreasi keluarga. Jika sore dan malam hari tempat yang berada didepan kantor walikota ini menjadi ramai pengunjung. Di taman seluas 3 hektar ini juga terdapat replika tugu khatulistiwa yang berada disalah satu sudut alun-alun. Selain itu, ditempat ini juga sudah disediakan banyak tempat duduk bagi para pengunjung yang datang ke taman alun-alun kapuas.

Tags: destinasi wisata pontianak pontianak wisata pontianak

Posting Terkait "Tempat Wisata di Pontianak Yang Menarik dan Mempesona"

Rekomendasi Untuk Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya
Tujuan dari kita melakukan liburan selain untuk
Destinasi Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat
Salah satu nama kabupaten yang ada di
Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Kudus dan Sekitarnya
Kudus merupakan sebuah Kabupaten yang ada di