Sumur Penarik Jodoh dari Cirebon

Memang unik sekali, cukup dengan membasuh muka atau mandi di tempat ini, diyakini kamu akan mendapatkan jodoh dengan segera. Adanya sumur ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi kaum jomblo. Sudahkah kalian para jomblo mendapat target siapa yang kalian inginkan untuk dijadikan jodoh setelah mandi di sumur ini?

Sumur yang terletak di Keraton Kasepuhan Cirebon ini diyakini bertuah dan mempunyai khasiat akan mendatangkan jodoh yang tak kunjung menghampiri kehidupan. Keraton Kasepuhan yang berada di Jalan Jagasatru ini buka mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WIB. Jika kamu sudah puas melihat – lihat barang sejarah dan juga foto – foto selfie atau sekedar memotret barang sejarah di Museum, tidak ada salahnya untuk mencoba melihat ke belakang keraton.

Sumur Penarik Jodoh dari Cirebon

Pada bagian belakang keraton terdapat sebuah sumur yang sudah sangat tua dan terkenal juga dengan sejarahnya. Sumur ini bernama Sumur Agung, diperkirakan umur dari sumur ini sudah beberapa ratus tahun. Meskipun menyandang umur yang sudah ratusan tahun, sumur ini tidak pernah ditumbuhi lumut. Air yang tedapat pada sumur juga terjaga kebersihannya, hal itu tampak dari tampilan air yang bening dan juga jernih.

Menurut para sejarawan keraton, pada dahulu kala air yang berasal dari Sumur Agung ini sering digunakan oleh para Wali. Salah satunya adalah Sunan Kalijaga untuk membersihkan diri dengan mandi atau untuk wudhu. Dilihat dari sejarah yang ada, kemungkinan Sumur Agung ini sudah ada sejak tahun 1430 Masehi.

Yang membuat sumur ini terlihat bertuah adalah kondisi debit airnya yang tidak pernah berubah. Sumur ini tergolong sumur yang sangat tua, namun air didalam sumur ini tidak pernah habis dimakan usia. Air yang terdapat didalam sumur ini tidak dalam sama sekali, bahkan seperti tempat penampungan air. Debit air yang cukup tinggi tersebut ternyata tidak berubah meskipun musim berganti.

Ketika musim hujan, air dari Sumur Agung tidak pernah meluber meskipun debitnya cukup tinggi. Ketika musim kemarau juga sangat unik, air dalam sumur tersebut tidak berkurang sedikitpun. Debit air tetap stabil pada posisinya, tidak pernah meluber maupun habis. Beberapa orang bahkan berkata bahwa rasa air dari Sumur Agung sangat mirip dengan rasa air dari sumur Zam – Zam di Makkah, Saudi Arabia.

Masyarakat Cirebon sangat mempercayai khasiat dari air Sumur Agung. Menurut warga sekitar, pernah datang seseorang yang tidak bisa berjalan sama sekali. Namun lambat laut orang tersebut bisa berjalan setelah mandi sebanyak tiga kali menggunakan air dari Sumur Agung. Selain sebagai media penyembuhan, air sumur tersebut juga dipercaya oleh masyarakat dapat melancarkan rezeki.

Kegunaan lainnya adalah untuk menyembuhkan penyakit, dan yang terakhir adalah yang paling disukai oleh para jomblo yaitu dapat mendatangkan jodoh. Pasti kamu sudah mulai tergiur untuk mandi disana, ketahuan banget kalau kamu menjomblo cukup lama. Untuk mendatangkan jodoh, kamu cukup datag dan membasuh muka. Kalau diperlukan mandi juga bisa, jangan lupa dibarengi dengan doa yang benar – benar tulus ingin mendapatkan jodoh untuk menyempurnakan agama.

Saran saja, lebih baik sekalian mandi. Air dari Sumur Agung terkenal sangat segar karena berasal dari air tanah yang dingin. Kalau kamu berencana menengok Sumur Agung, kalau sedang ramai sudah dipastikan seperti sedang antri mandi. Meskipun kepercayaan yang begitu kuat mengenai sumur tersebut, pemandu tetap saja menekankan bahwa khasiat dari Sumur Agung tersebut tetap tergantung dari keyakinan yang menjalankan ibadah.

Tags: cirebon sumur

Posting Terkait "Sumur Penarik Jodoh dari Cirebon"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak