Seorang Profesor Merancang Pesawat Siluman Berbentuk Shuriken

Seorang professor di sebuah Universitas di Amerika Serikat telah berhasil menciptakan sebuah desain pesawat siluman (stealth) yang diklaim lebih canggih serta memiliki kecepatan supersonic. Professor tersebut bernama DR. Gecheng Zha. Beliau merupakan seorang professor di Universitas Miami, Amerika Serikat.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa pesawat siluman (stealth aircraft) adalah pesawat yang dirancang khusus untuk menyerap serta membelokkan radar dengan menggunakan teknologi siluman, hal tersebut tentu saja membuatnya lebih sulit untuk dideteksi. Pada umumnya tujuan dari pembuatan pesawat ini adalah untuk melancarkan serangan pada saat dia masih berada di luar pendeteksian musuh.

Seorang Profesor Merancang Pesawat Siluman Berbentuk Shuriken

Pesawat siluman sendiri memiliki kemampuan untuk terhindar dari pendeteksian, baik deteksi secara visual, sensor panas, audio, maupun gelombang radio (radar). Pesawat ini secara visual lebih sulit terlihat dari pada pesawat pada umumnya, hal ini dikarenakan warna yang dimilikinya biasanya memiliki warna yang sama dengan warna latar belakangnya (kamuflase). Secara sensor panas, pesawat pada umumnya akan terdeteksi dari oanas yang ditimbulkan dari badan maupun dari temperature udara yang ada di sekelilingnya. Secara audio, pesawat yang satu ini tentunya berusaha untuk membuatnya semakin tenang.

Sedangkan deteksi secara gelombang radio (radar) adalah dengan mencegah gelombang radio dari radar tidak memantul kembali ke radar dari badan pesawat. Gelombang radio tersebut dapat diserap apabila badan pesawat dilapisi dengan RAM (Radar Absorbent Material), dipantulkan ke arah yang lain, sehingga gelombang tersebut menjadi saling meniadakan atau hilang. Namun pesawat siluman pada umumnya tidak 100% tidak dapat dideteksi oleh radar. Akan tetapi karena memilki Radar Cross Section (RCS) yang kecil di layar radar sehingga hanya akan tampak sebesar gerombolan burung, bukan pesawat.

Pesawat siluman yang canggih ini memiliki desain yang unik, karena dibuat dengan sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah shuriken, yang merupakan sebuah senjata rahasia yang memiliki empat buah sisi dengan bentuk menyerupai bintang dan biasa digunakan oleh para ninja di Jepang.

Bukannya tanpa tujuan pembuatan pesawat dengan desain ala shuriken ini. Keempat sisi bintang tersebut memiliki panjang yang berbeda. Dua diantaranya lebih panjang sedangkan dua lainnya lebih pendek, keempat sisi ini memiliki fungsinya masing-masing.

Seperti yang dilaporkan oleh oleh Engadget, diketahui bahwa mayoritas pesawat membutuhkan sayap yang memiliki ukuran lebih panjang supaya pesawat mendapatkan momentum yag cukup pada saat lepas landas. Untuk pesawat yang satu ini akan menggunakan sisi yang lebih panjang sebagai sayapnya, sehingga membuat pesawat ini terlihat lebih lebar.

Dan begitu pula sebaliknya, ketika pesawat akhirnya telah mengudara dan telah mencapai kecepatan supersonic, sayap yang lebih panjang tentu saja akan menjadi penghambat. Maka dari itu, pesawat tersebut akan berputar 90 derajat dan akan menggunakan bagian sayap yang lebih pendek sehingga pesawat akan terlihat lebih kurus dibandingkan saat lepas landas.

Dr. Gecheng Zha yang merupakan seorang professor sekaligus salah satu staf pengajar di Universitas Miami, Amerika Serikat adalah pengembang dari pesawat supersonic ini. Kabarnya teknologi yang coda kembangkan oleh Dr. Gecheng Zha ini membuat pihak NASA sangat tertarik. Untuk pengembangan serta uji coba teknologi ini, Badan Antariksa Amerika Serikat itu bahkan telah menggelontorkan dana sebesar USD 100 ribu. Walaupun demikian, masih dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar-benar dapat mewujudkan kapal canggih ini. setidaknya hingga beberapa decade ke depan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pesawat stealith canggih yang berbentuk shuriken. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tags: pesawat siluman Shuriken

Posting Terkait "Seorang Profesor Merancang Pesawat Siluman Berbentuk Shuriken"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah