Peradaban Kuno Yang Kejam Di India Mengenai Kanibalisme Yang Sudah Biasa

Tabir misteri masih menyelimuti peradaban kuno di India. Banyak teori yang mengatakan bahwa masyarakat Indus pada jaman dahulu sudahlah lebih maju daripada kondisi India saat ini. Namun dari wujud sebenarnya dari Indus pada masa lalu tidaklah seperti yang kebanyakan orang pikir bahwa Indus sangatlah damai dan indah dengan teknologi yang sangat maju.

Peradaban kuno di Indus menganggap bahwa perbudakan dan juga kanibalisme adalah hal yang sudah biasa. Seperti yang diceritakan dalam Internal Journal of Paleopathology tentang sisi sebaliknya dari peradaban Indus yang damai dan berteknologi maju. Masyarakat Indus pada jaman dahulu sangatlah familiar dengan kekerasan, kesimpulan itu diambil berdasarkan penelitian yang melibatkan 18 tengkorak manusia Indus yang ditemukan di Harappa.

Peradaban Kuno Yang Kejam Di India Mengenai Kanibalisme Yang Sudah Biasa

Harappa adalah kota pusat ekonomi paling berpengaruh pada saat itu. Kerangka manusia dari jaman Indus yang diteliti merupakan kerangka dari tahun 1900 sampai 1700 tahun sebelum masehi. Umur kerangka yang sangat tua sekali, namun karena teknik fosil alam yang sempurna sehingga masih bisa diteliti untuk ditafsir budaya dari kehidupan masyarakat Indus.

Pada tengkorak yang diteliti, salah satu tengkorak diperkirakan dari seorang anak yang berusia empat sampai enam tahun pecah karena pukulan benda seperti senajta. Pada tengkorak lainnya juga ditemukan hal yang sama, yaitu pada tengkorak wanita dewasa.

Tengkorak ini hancur karena danya bekas pukulan keras yang sangat hebat. Atu lagi tengkorak dari pria separuh bayayang pada bagian tengkorak hidung dan juga tengkorak dahi rusak karena pukulan benda dengan ujung yang tajam.

Kekerasan merupakan salah satu aspek dalam budaya Harappa adalah pernyataan dari Gwen Robbins Schug yang tengah meneliti tentang kehidupan masyarakat Indus dari Ppalachian State University di Amerika Serikat. Pernyataanya tersebut menghancurkan bayangan banyak orang tentang kehidupan masyarakat Indus yang damai.

Schug berani berkata demikian karena dirinya melakukan penelitian bersama dengan mahasiswa pasca sarjana Kelsey Gray dan Veena Mushrif – Tripathy dari Deccan College yang terletak di India. Penelitian yang dilakukan ketiga arkeolog itu membuahkan hasil yang mampu menepis anggapan dari sebuah studi yang menyatakan masyarakat Indus sangatlah damai.

Studi yang dimaksud adalah studi yang terbit dalam Journal of Archaeological Science pada bulan Mei 2013 dengan kesimpulan bahwa pada masyarakat Kuno Indus, kehidupan sangatlah damai dan maju. Pemimpin jurnal ilmu arkeolog ini mengatakan bahwa Harappa adalah titik temu dari semua budaya Indus, Mark Kenoyer dari University of Winscounsin-Madison, Amerika Serikat.

Kota Harappa berada di propinsi Punjabi dan juga Kota Mohenjodaro di propinsi Sindu Pakistan menjadi pusat dari semua budaya yang ada di India. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kota Harappa sangatlah besar dengan tingkat kesibukan dan keramaian yang membuat para peneliti terkejut. Bekas ibukota dari India tersebut mempunyai penduduk dengan kisaran dari 30 ribu sampai 40 ribu. Kota tersebut juga dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kota Administratif dan kota Pemerintahan.

Dari puing – puing kota Harappa dapat diambil peta bahwa kota ini sangatlah tertata dengan jalan raya yang saling menyilang, toko tembikar dan makanan di sisi kanan dan kiri jalan, bahkan terdapat system saluran drainase bawah tanah yang sangat sempurna dengan tata drainase menggunakan batu bata.

Memang jika dilihat dari tata kota dan juga betapa pemerintah sangat peduli dengan rakyatnya menggambarkan bahwa kehidupan pada jaman dahulu sangatlah damai, namun tengkorak yang ditemukan oleh penelitian yang terakhir ini berkata berbeda.

Tags: india kanibalisme misteri

Posting Terkait "Peradaban Kuno Yang Kejam Di India Mengenai Kanibalisme Yang Sudah Biasa"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak