Partikel Misterius Dari Dalam Permukaan Bumi Yang Bisa Menentukan Asal Muasal Bumi

Ilmuwan akhir – akhir ini menemukan sejumlah partikel misterius yang bersemunyi didalam mantel bumi. Para ilmuwan mengatakan bahwa partikel misterius ini bisa menguak rahasia Bumi dan menjawa pertanyaan para ilmuwa. Apakah teori Big Bang benar – benar terjadi dan benarkah bumi merupakan 1 partikel dengan matahari. Partikel aneh ini diberi nama Geoneutrino oleh para ilmuwan. Sebutan lain dari geoneutrino adalah mitra anti – materi dari neutrino, neutrino disini adalah partikel dasar dari bumi yang dapat menembus mantel Bumi.

Partikel misterius dari dalam permukaan bumi yang bisa menentukan asal muasal Bumi

Setiap partikel di bumi ini mempunyai mitra partikel atau anti – materi dengan muatan yang berlawanan. Seperti partikel electron positif dan electron negative yang ketika saling bergandengan akan seimbang. Sedangkan materi geoneutrino ini ketika bertemu dengan pasangannya akan saling membinasakan satu sama lain. Geoneutrino sendiri sebenarnya bukanlah satu – satunya partikel yang sudah ditemukan oleh para ilmuwan dalam pembentukan bumi.

Ketika bumi dibentuk, masih banyak sekali elemen radioaktif thorium dan uranium dengan konsentrasi berbeda yang tersebar ke tempat – tempat yang berbeda dalam lapisan mantel – mantel bumi. Elemen – elemen radioaktif yang mulai terurai tersebut kemudian menjadi partikel sub atom yang dikenal juga dengan nama Geoneutrino, kata fisikawan Gran Sasso National Laboratory di Italia, Aldo Lanni.

Hasil penguraian materi radioaktif tersebut merupakan sebuah mesin penggerak materi cair yang menjadi bagian terbesar dari mantep Bumi. Ketika mesin tersebut mulai bergerak maka terjadi pergeseran lempeng tektonik sehingga menghasilkan gempa bumi tektonik. Saat ini para peneliti sedang membuat mesin penghitung untuk memprediksi seberapa banyak panas yang harus dihasilkan elemen radioaktif untuk menggerakkan lempengan bumi.

Nah ketika geoneutrino hasil penguraian dari elemen radioaktif itu muncul, maka para peneliti dapat mengetahui berapa panas bumi yang harus dihasilkan untuk menggerakkan lempeng bumi. Untuk menjalankan penelitian yang diharapkan, peneliti telah membuat sebuah laboratorium bawah tanah Gran Sasso dengan pembangunan yang sangat ekstrim. Pembangunan laboraturium tersebut berada satu mil di bawah gunung aktif di Italia.

Laboraturium tersebut berusaha mencari sinyal dari kantong besar yang berisi minyak carir bercahaya. Kantong besar ini menghasilkan cahaya ketika partikel – partikel proton atau partikel positif menabraknya. Namun hasil berbeda ketika yang menabrak adalah geoneutrino, tabrakan proton dan geoneutrino akan menghasilkan positron yang kemudian menghasilkan cahaya yang khas sehingga bisa dideteksi oleh para ilmuwan.

Hasil dari penyatuan radioaktif torium dan uranium yang menyebabkan reaksi penghasil panas akan mengeluarkan elemen partikel geoneutrino. Dari hasil sebarapa banyak geoneutrino yang dihasilkan dapat diprediksi berapa banyak panas yang diperlukan untuk menggerakkan lempeng tektonik.

Dengan munculnya partikel geoneutrino ini, bisa dipastikan bahwa bumi memang berasal dari bagian matahari. Karena komposisi permukaan matahari berasal dari uranium dan thorium dengan rasio yang sangat khas. Dengan membandingkan jumlah rasio yang ada di bumi dan juga rasio yang ada di matahari, maka dapat diambil kesimpulan dari pertanyaan “apakah bumi berasal dari matahari?”. Jika pertanyaan itu terjawab, maka akan berkembang menjadi “benarkah teori big bang pernah terjadi dalam pembentukan alam semesta?”

Dengan terjawabnya pertanyaan tersebut, maka tingkat pengetahuan manusia akan meningkat tajam. Untuk diketahui, hasil panas yang dihasilkan oleh elemen radioaktif juga mempengaruhi keseluruhan aktifitas gunung berapi di bumi. Jadi dengan adanya informasi ini, kemungkinan besar dapat mempertajam deteksi awal bencana alam gunung api.

Tags: bumi misteri partikel

Posting Terkait "Partikel Misterius Dari Dalam Permukaan Bumi Yang Bisa Menentukan Asal Muasal Bumi"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak