Pakar Astronomi Menemukan Planet Terdekat Dari Bumi di Rasi Bintang Crux

Baru-baru ini sejumlah pakar astronomi telah menemukan planet yang tengah mengitari bintang Alpha Centauri B. Pada hari yang sama juga dengan terbitnya kabar tersebut, majalah astronomi ilmiah dan astronomi utama dunia juga menggambarkan kabar penemuan sensasional tentang planet terdekat dengan Bumi. Mereka kagum sekali dengan kabar tersebut, karena planet itu baru ditemukan setelah sekian lama para pakar astronomi mencarinya.

Bintang Alpha Centauri yang diketahui sebagai bintang ganda (berpasangan) sejak akhir abad ke-18, merupakan bintang yang terdekat dengan Bumi. Jarak bintang ini hanya 4,4 tahun cahaya dari Matahari atau sekitar 40 triliun km. Satu tahun cahaya sama dengan 9,5 triliun km. Namun dalam skala astronomi, jarak itu merupakan jarak pendek, jika diibaratkan bagai jarak “tetangga” di kota besar yang padat penduduk. Alpha Centauri dan Bumi merupakan anggota Galaksi Bimasakti.

Pakar Astronomi Menemukan Planet Terdekat Dari Bumi di Rasi Bintang Crux

Galaksi merupakan himpunan dari 2 triliun aneka ragam massa, warna, dimensi, serta umur bintang. Sedangkan matahari hanyalah bintang kecil, salah satu yang merupakan pembentuk komponen galaksi yang berupa piringan dengan diameter hampir 100.000 tahun cahaya.

Bintang Alpha Centauri sebenarnya sudah lama dikenla oleh peradaban kuno dan ilmu astronomi, dikarenakan cahayanya yang terang serta posisinya yang unik. Alpha Centauri dianggap penting oleh petani, pelaut, serta nenek moyang kita karena merupakan bintang nomor tiga yang paling terang di seluruh langit serta yang paling terang di belahan langit selatan. Bintang ini mudah dilihat dengan mata telanjang bersama dengan bintang Beta Centauri yang lebih redup.

Pada awal musim kering di Jawa, kedua bintang tersebut muncul di kaki langit sebelah tenggara ketika matahari tenggelam di ufuk barat. Apabila kedua bintang digandeng dengan garis maya, maka garis sambung itu akan mengarah pada rasi bintang yang sangat terkenal, yaitu rasi Crux (Gubug Penceng).

Rasi bintang itu berbentuk seperti laying-layang. Rasi Crux dalam budaya Barat disebut sebagai Salib Selatan. Crux menjadi kompas abadi bagi petani dan pelaut dikarenakan kedua garis hubung fiktif tersebut selalu menunjuk kea rah selatan.

Pada bulan April, di Jawa, rasi itu menjadi petunjuk datangnya musim kering. Di tengah musim kemarau (Juni), pada tengah malam, rasi bintang Crux berdiri dengan tegak menguasai langit selatan. Dan di sebelah timur (kiri), terlihat mencorong Alpha Centauri serta Beta Centauri. Kedua bintang tersebut dalam mitologi Jawa direpresentasikan sebagai dua bola mata ”wulanjar ngirim”, atau mata perawan yang hendak mengirimkan makanan untuk orangtuanya yang ada di gubuk miring (dalam bahasa astronomi : Crux).

Alpha Centauri B selalu berpasangan mengitari orbit dengan Alpha Centauri A, dengan periode edar 80 tahun. Pada Alpha Centauri B inilah yang memiliki planet yang ditemukan oleh pakar astronomi baru-baru ini dan kulminasi pekerjaan selama 3 tahun.

Planet Alpha Centauri B dinamai sebagai notasi Alpha Centauri Bb dalam nomenklatur sistem eksoplanet yang menyebabkan pergerakan dari Alpha Centauri B bergeser ke arah radial (maju mundur) dengan kecepatan 50 cm/detik. Kecepatan tersebut hanya dapat diamati dengan menggunakan spektroskop khusus, sistematik, dan dalam kurun waktu yang panjang. Tim HARPS (High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher) dengan menggunakan spektroskop yang dipasang di teleskop berukuran 3,6 meter di puncak La Silla, Cile, berhasil menemukan planet tetangga Bumi itu.

Tags: astronimi pakar

Posting Terkait "Pakar Astronomi Menemukan Planet Terdekat Dari Bumi di Rasi Bintang Crux"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah