NASA serta Sejarah Singkatnya

National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah organisasi yang didirikan oleh presiden Eisenhower pada 10 oktober 1958. NASA merupakan agensi pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat serta riset aerospacae umum jangka panjang. NASA juga merupakan organisasi masyarakat yang telah melakukan riset bagi sistem ruang angkasa masyarakat serta militer. Namun, jauh sebelum itu, astronomi di Amerika telah berkembang sejak ratusan tahun yang lalu. Amerika Serikat merupakan Negara terbesar yang telah banyak menyumbangkan ilmu pengetahuan tentang dunia ke antariksaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa para astronom mereka telah menemukan banyak penemuan yang penting dalam sejarah.

NASA

Pada tahun 1929, bertempat di observatorium Mount Wilson California, Edwin Hubble, seorang ahli astronomi Amerika, telah membuat salah satu penemuan terbesar yang ada di sepanjang sejaah astronomi. Pada saat sedang mengamati bintang-bintang dengan menggunakan teleskop raksasa, dirinya menemukan bahwa bintang-bintang tersebut memancarkan cahaya berwarna merah sesuai dengan jaraknya. Hal tersebut berarti bahwa bintang-bintang ini bergerak menjauhi kita.

Sebab, seperti yang diketahui menurut hukum fisika bahwa spectrum yang dihasilkan dari sumber cahaya yang sedang bergerak mendekati pengamat akan cenderung berwarna ungu. Sedangkan spectrum ysng menjauhi pengamatan cenderung akan berwarna merah. Selama pengamatan yang telah dilakukan Hubble, cahaya dari bintang-bintang lebih cenderung berwarna merah. Hal ini berarti bahwa bintang-bintang tersebut terus menerus menjauhi kita.

Bahkan jauh sebelumnya, Hubble juga telah membuat penemuan penting yang lainnya. Bintang serta galaksi bergerak tidak hanya menjauhi kita, namun juga menjauhi satu sama lain.  Satu-satunya hal yang bisa disimpulkan dari suatu alam semesta yang di mana segala sesuatunya bergerak dengan menjauhi satu sama lain adalah dia terus-menerus “mengembang”.

Supaya lebih mudah untuk dipahami, alam semesta bisa diumpamakan sebagai permukaan balon yang tengah mengembang. Sebagaimana titik-titik yang ada di permukaan balon bergerak menjauhi satu sama lain pada saat balon membesar, benda-benda yang ada di ruang angkasa juga bergerak dengan menjauhi satu sama lain pada saat alam semesta terus mengembang.

Pada saat Neil Armstrong dan Edwin Aldrin berhasil mencatatkan namanya sebagai manusia pertama dalam sejarah yang menginjakkan kaki ke permukaan bulan melalui misi Apollo-11, pada 17 Juli 1969. Setelah itu misi-misi yang lain pun dilanjutkan dengan pendaratan Apollo 12 pada November 1969, Apollo 14 pada Februari 1971, Apollo 15 pada Agustus 1971, Apollo 16 pada April 1972, serta Apollo 17 pada Desember 1972.

Kegagalan juga pernah dicatatkan oleh misi Apollo, yaitu kecelakaan yang menimpa misi Apollo-13 yang terjadi dikarenakan meledaknya salah satu modul. Para awaknya dapat kembali dengan selamat melalui pertolongan yang legendaris, walaupun mereka gagal menjejakkan kaki ke permukaan bulan.

Misi pertama dari teleskop antariksa baru milik NASA telah mengungkapkan bintang yang berkelip, gas bima sakti yang berkilauan, serta pijar galaksi yang ada di kejauhan. Beberapa waktu yang lalu, NASA juga merilis meta langit pertama yang diciptakan oleh Fermi yaitu GLAST yang kemudian dikenal dengan nama Gamma-ray Space Telescope.

Teleskop tersebut diberi nama yang sama dengan pemenang hadiah Nobel asal Amerika Serikat, Enrico Fermi, seorang pionir dalam bidang fisika energi tinggi. Teleskop tersebut dilengkapi dengan dua instrumen canggih tersebut diharapkan bisa membantu para ilmuwan untuk menyibak misteri sinar gamma kosmis.

Demikianlah pembahasan kita tentang NASA serta sejarah singkatnya. Semoga informasi tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Terima Kasih.

Tags: nasa sejarah

Posting Terkait "NASA serta Sejarah Singkatnya"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah