Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai

Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air yang berada di sekitar Manggarai, temapt ini menjadi sebuah pengatur aliran air di daerah Jakarta sebelum nanti masuk kanal banjir Barat. Pintu Air Manggarai merupakan sebuah upaya dari pemerintah pusat sebagai solusi untuk mengatasi banjir di daerah Ciliwung.

Kali ini, Pintu air Manggarai sudah sangat terawat dan terlihat bersih di sekitarnya, semua pintu-pintu air di daerah tersebut terlihat sangat terawat. Sehingga membuat kantor tempat pegawai pemda untuk melakukan pengamatan dari volume air di daerah tersebut menjadi lebih baik lagi.

Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai

Perlu diketahui, sebenarnya Pintu air Manggarai ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dahulu kala, sehingga umurnya pun juga sudah sangat tua. Seperti bangunan kuno pada umumnya, Pintu air Manggarai ini pun juga tidak luput dari cerita misteri yang menyelimutinya.

Menurut warga sekitar, telah beredar cerita jika di Pintu air Manggarai terdapat sesosok Nona Belanda yang telah menjaga kawasana Pintu air Manggarai tersebut, yang telah dibandung pada tahun 1904 itu.

Hal tersebut telah diutarakan oleh penjaga Pintu air Manggarai saat ini, yaitu bapak Herry Prianto.  Selama 3 tahun ini beliau menjaga kawasan Pintu air Manggarai ini, selalu ada saja gangguan atau kejadian mistis yang dialami oleh penjaganya, hingga yang paling fenomenal ditelingga masyarakat adalah tentang sosok Nona Belanda tersebut.

“Biasanya, si Nona Belanda menampakkan diri, tidak hanya malam hari, saat sore pun pernah muncul juga di sekitar pintu air”, ungkap Herry.

Ketika itu, Pintu air Manggarai sedang mengalami revitalisasi, jadi sekitar 1,5 tahun bagian paling kiri jalan tambak di tutup. Revitalisasi ini dilakukan guna membangun 1 pintu air baru.

Herry juga mengatakan saat itu ketika mandor sedang melakaukan pengerjaan, ia melihat sesosok Nona Belanda duduk diatas escavator proyek pembangunan. Nona Belanda itu memang duduk diam saja, kejadian tersebut terjadi di siang hari, yakni sekitar jam 13.00 WIB, memang saat itu kondisinya sedang mendung grimis.

Herry juga mengatakan, saat itu Mandor hanya bisa terdiam melihat penampakan Nona Belanda itu, setelah itu dia pun memilih untuk mengalihkan pandangan dan sudah tidak memperhatikan penampakan tersebut.

Ternyata Nona Belanda ini justru sering menampakkan dirinya pada penjaga Pintu air Manggarai yang paling muda disitu, yakni Fathur. Herry memberitahukan jika saat sedang memantau ketinggian air, Fathur sering sekali melihat sosok Nona Bleanda tersebut menggunakan gaun khasa budaya Eropa pada saat itu.

“Jadi dia lagi mantau di belakang. Pas dia buka jendela, tiba-tiba nona itu lewat”. Sambung Herry.

Meskipun semua rekan Herry merasakan mengenai kedatangan dari Nona Belanda penunggu Pintu air Manggarai tersebut, namun Herry yang sudah lama menjadi penjaga Pintu air Manggarai selama 3 tahun lebih ini mengatakan jika ia tidak pernah mengalaminya langsung seperti apa yang diutarakan oleh teman-temannya. Meskipun saat itu ia sedang keluar larut malam untuk mencari makan sendirian.

“Kalau saya sih belum pernah. Saya jalan kaki ke Pasar Raya cari makan pukul 02.00 WIB lewat terowongan ya biasa saja,” lanjut Herry.

Herry yakin, jika si Nona Belanda tersebut tidak akan mengganggu segala aktivitas di Pintu air Manggarai ini, apalagi saat ini Pintu air Manggarai sudah diperbaiki menjadi sangat bersih dan baik lagi.

Tags: misteri Nona Belanda Pintu air Manggarai

Posting Terkait "Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak
Mata Air Ini Bisa Ubah Sesuatu Menjadi Batu, Benarkah ?
Air merupakan sebuah zat cair yang sangat