Mau Mengambil Masa Cuti ? Perhatikan Dulu Hal Penting Ini

Mau Mengambil Masa Cuti Perhatikan Dulu Hal Penting Ini

Membosankan.com – Berdasarkan penelitian diketahui bahwa cuti dapat menyembuhkan atau menghindarkan seseorang dari serangan stress, akibat menumpuknya tugas. Cuti bisa menjadikan anda kembali bersemangat, karena cuti dianggap sebagai recharging dari baterai yang sudah mulai kosong, guna mendapatkan energy dan semangat baru.

Jatah cuti harus dikelola dengan baik, sebagaimana anda mengelola waktu pada hari – hari produktif, jika anda bersikap seperti itu niscaya anda akan mendapatkan manfaat cuti yang berllipat ganda. Anda tidak merasa stress sebelum dan sesudah cuti. Nah sebelum mengambil cuti anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Hitung jumlah hari yang mengharuskan anda cuti dalam setahun sebaiknya anda menjadwalkan beberapa hari cuti yang tidak dapat diganggu gugat. Jatah cuti dibedakan menjadi dua yakni cuti untuk kepentingan pribadi dan keperluan mendadak. Misalnya merawat anggota keluarga yang sakit, jadwal tersebut mempermudah anda dalam mengelola jatah cuti, supaya anda tidak terpaksa menghabiskannya lantaran masa berlaku cuti berakhir atau anda kehabisan jatah cuti padahal ada keperluan mendesak.

2. Beban tugas

Setelah menjadwalkan jatah cuti mulailah mengatur beban tugas menjelang hari – hari cuti. Saat cuti, aktivitas kantor tetap berlangsung seperti biasanya buatlah perencanaan yang baik semasa cuti agar tidak ada orang yang kebingungan lantaran ketidak hadiran anda di kantor. Delegasikan semua tugas kepada bawahan anda sejak beberapa hari sebelumnya. Misalnya tiga hari menjelang cuti, sehingga bawahan mulai terbiasa menegerjakannya jika ada hal – hal yang belum dipahami bawahan bisa bertanya kepada anda, andapun dapat berkonsentrasi untuk menyiapkan tugas yang sekiranya dibutuhkan oleh orang orang yang terkait dengan tugas tersebut.

3. Masuk kantor lebih awal

Tambahkan satu hari cuti dalam jadwal cuti, agar anda bisa bekerja lebih awal setelah cuti. Sebagai contoh anda masuk kantor setelah cuti pada tanggal 9 maka pada tanggal 8 anda sudah masuk kantor. Saat itu teman teman diminta tidak mengganggu anda, karena pada hari ini termasuk jadwal cuti dan anda memanfaatkan untuk menyelesaikan tugas – tugas yang terbelengkalai selama cuti.

 

Tags: Pengembangan Diri

Posting Terkait "Mau Mengambil Masa Cuti ? Perhatikan Dulu Hal Penting Ini"

Ini Dia Tips Membangkitkan Semangat Dalam Bekerja
Membosankan.com - Ragam tips serta cara membangkitkan
Panduan Membuat Keputusan Penting Dalam Karir
Membosankan.com - Andalah yang memutuskan seberapa besar
Memilih Pekerjaan Yang Bersifat Penting Dan Urgen
Membosankan.com - Dalam dunia kerja, anda akan
Tips Ini Dapat Membangkitkan Gagasan Kreatif
Membosankan.com - Anda harus menghasilkan sejumlah gagasan