Manusia Neanderthal Pernah Kawin Dengan Manusai Modern, Benar atau Salah ?

Manusia Neaderthal – Di masa lampau mungkin ada banyak jenis manusia, yang dipengaruhi oleh bentuk atau kerangka tubuh, otak, hidup di zaman berapa, dan sebagainya. Dalam dunia sains fisika banyak yang teori yang mengungkapkan asal usul manusia dan keragaman manusia. Salah satu manusia itu adalah Manusia Neaderthal yang fosilnya sudah ditemukan para arekolog dan diteliti oleh para ilmuwan barat.

Neanderthal adalah salah satu anggota dari genus Homo yang sudah punah dan berasal dari zaman Pleistosen. Spesies manusia jenis ini pernah ditemukan di Eurasia, dari Eropa Barat hingga Asia Tengah dan Utara. Jejak proto Naenderthal ini pertama kali muncul di Eropa sekitar 600.000-350.000 tahun yang lalu.

Manusia Neaderthal

Naenderthal berpisah dari evolusi manusia sekitar 500.000 tahun yang lalu dan sudah lenyap dari muka bumi sejak 30.000 tahun lalu. Banyak spekulasi muncul atas kepunahan manusia Neaderthal tersebut diantaranya, Neaderthal mati dibunuh oleh manusia modern , spekulasi lainnya adalah Neaderthal punah karena adanya letusan gunung berapi sebanyak tiga kali yang terjadi pada 40.000 tahun yang lalu di Italia dan salah satu pegunungan Kaukasus menjadi penyebab kepunahan mereka.

Selain itu, para ilmuwan juga meneliti tentang manusia Neaderthal tersebut. penelitian tersebut ditujukan untuk mengetahui apakah manusia Neaderthal pernah kawin dengan manusia modern.

Para ilmuwan meneliti usia fosil Neaderthal di Spanyol bagian selatan, kemudian mereka membuat kesimplan bahwa mereka jauh lebih tua dari pada yang sudah diperkirakan oleh ilmuwan. Dengan bahasa yang berbeda, hal itu dapat menunjukkan bahwa manusia modern dan maunisa Neaderthal tidak pernah hidup bersama dan berdampingan.

Para peneliti juga berpendapat bahwa manusia Neaderthal sudah lama meninggalkan kawasan tersebut sebelum datangnya kaum homo sapiens yang merupakan manusia modern pertma kali. Para peneliti pun meyakini bahwa para manusia Neaderthal terakhir kali tinggal adalah di Semenanjung Spanyol hingga pada akhirnya mereka punah sekitar 30.000 tahun lalu. Hal itu diyakini oleh para peneliti sejak tahun 1990-an.

Banyak analisa yang muncul mengenai bercampurnya DNA manusia Neaderthal dengan manusia modern dalam perkawinan. Analisa tersebut muncul karena hipotesa bahwa manusia modern pernah menguasai kawasan yang ditinggali oleh para orang-orang Neaderthal sejak 10.000 tahun sebelumnya. Namun penelitian terbaru dengan menggunakan penanggalan, bahwa manusia Neaderthal menguasai Spanyol berakhir pada 45.000 sampai 50.000 tahun yang lalu.

Pada penelitian sebelumnya, para peneliti yakin jejak DNA manusia Neanderthal bisa ditemukan dalam diri manusia modern yang hidup di zaman sekarang terutama orang-orang Eropa yang merupakan tempat ditemukannya fosil manusia Neanderthal.

Hal tersebut masih menjadi perdebatan tersendiri di mata ilmuwan, para Ahli mempercayai bahwa tautan atau hunbungan gen tersebut terjadi karena manusia Neanderthal dan manusia modern memiliki nenek moyang yang kemungkinan tinggal di Afrika Utara. Kedua jenis manusia ini diduga pindah ke Eurasia dari Afrika namun dalam kurun waktu yang berbeda.

Apa pun itu yang disimpulkan oleh penelitian di zaman modern ini, bahwa kenyataanya kita memang hidup di zaman modern dan manusia Neanderthal hidup berpuluh-puluh tahun yang lalu dan sudah mengalami kepunahan.

Demikian tadi, informasi yang dapat saya sampaikan kepada para pembaca, semoga artikel tentang apa manusia Neanderthal pernah kawin dengan manusia modern dapat bermanfaat buat anda, dan dapat menambah wawasan bagi anda. Terima kasih.

Tags: Manusia Neaderthal Naenderthal

Posting Terkait "Manusia Neanderthal Pernah Kawin Dengan Manusai Modern, Benar atau Salah ?"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak