Makanan Dari Bangka Belitung Ini Wajib Kamu Nikmati

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Wajib Kamu Nikmati – Indonesia memang memiliki sajian kuliner yang beragam. Berbagai cita rasa makanan dapat anda temui di negara ini, baik yang manis, gurih, ataupun pedas. Cara mengolahnya pun berbeda-beda, ada yang digoreng, dibakar, sampai direbus. Salah satu provinsi yang menyajikan kuliner yang lezat adalah Bangka Belitung.

Provinsi yang terletak di pulau Sumatera ini memiliki berbagai makanan lezat yang layak untuk dicicipi. Bagi yang mengaku pencinta kuliner, provinsi ini bisa menjadi tujuan anda selanjutnya. Jika ingin tahu lebih lanjut, mengenai makanan khas yang ada disini, berikut merupakan 7 makanan khas Bangka Belitung yang sayang jika dilewatkan.

1.    Lempah

lempah makanan khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung yang pertama adalah Lempah. Lempah merupakan masakan berkuah yang terbuat dari daging sapi atau makanan laut yang dibumbui dengan rempah-rempah sehingga memiliki aroma kuat. Disini anda bisa menemukan berbagai jenis Lempah seperti Lempah Kuning dan Lempah Darat.

2.    Rusip

rusip makanan khas Bangka Belitung

Rusip merupakan makanan yang memadukan dua macam budaya yakni budaya Belitung dan budaya Jawa. Hal ini disebabkan karena untuk membuatnya kita harus menggunakan gula jawa. Cara membuat Rusip adalah dengan memasukkan ikan teri ke dalam pot atau guci agar terfermentasi, setelah itu ikan tersebut dicampur menggunakan gula jawa.

3.    Kecalo

kecalo makanan khas Bangka Belitung

Kecalo merupakan makanan khas Bangka Belitung yang memiliki kesamaan dengan rebon abon. Makanan ini dibuat dengan memfermentasikan udang dengan garam. Cara tersebut membuat Kecalo memiliki rasa yang asin dan gurih. Kecalo seringkali digunakan sebagai bumbu untuk membuat telur kocok atau sering juga digunakan sebagai bahan pelengkap makanan.

4.    Belacan

belacan makanan khas Bangka Belitung

Balacan merupakan sambal yang memiliki aroma yang sangat kuat. Makanan tersebut dibuat dengan cara memanggang terasi terlebih dahulu. Terasi tersebut kemudian dimasukkan ke dalam lumpang atau ulekan bersama dengan cabe besar dan kecil, gula, bawang, serta garam secukupnya. Sambal ini terasa begitu khas karena di dalamnya juga jeruk kunci yang memiliki rasa yang sangat asam.

5.    Pantiaw

pantiaw makanan khas Bangka Belitung

Pantiaw merupakan makanan berkuah yang menjadi salah satu ciri khas Bangka Belitung. Kuah Pantiau terasa sangat nikmat karena dibuat menggunakan seledri, bawang dan berbagai bumbu lainya. Suiran ikan yang ada di dalamnya akan membuat makanan ini semakin terasa nikmat saat disantap.

6.    Lakso

lakso makanan khas Bangka Belitung

Kuliner ini cocok dijadikan santapan saat anda sedang bersantai. Lakso memiliki kesamaan dengan mie bakso karena memiliki tekstur yang kenyal. Bahan utama yang digunakan adalah tepung beras. Makanan ini terasa sangat gurih karena kuah yang digunakan terbuat dari santan. Bagi yang ingin memanjakan lidah, sebaiknya anda mencoba menyantap makanan yang satu ini.

7.    Kericu

kericu makanan khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung yang terakhir adalah Kericu. Makanan yang berbentuk lonjong kering ini merupakan cemilan kerupuk yang terbuat dari sagu dan telur cumi-cumi. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan tepung sagu dengan telur cumi yang sudah dihaluskan. Untuk memperkuat cita rasanya, adonan tersebut juga diberi tambahan bawang merah, bawang putih, lengkuas, garam, dan bumbu lainya.

Itulah makanan khas Bangka Belitung yang paling enak dan tentunya memiliki keunikan dibandingkan dengan makanan daerah lain. Bangka Belitung merupakan provinsi yang berdekatan dengan laut sehingga banyak kulinernya yang menggunakan bahan-bahan dari laut. Semoga artikel mengenai kuliner khas di Bangka Belitung ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia kuliner.

Tags: kuliner

Posting Terkait "Makanan Dari Bangka Belitung Ini Wajib Kamu Nikmati"

Rekomendasi Untuk Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya
Tujuan dari kita melakukan liburan selain untuk
Destinasi Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat
Salah satu nama kabupaten yang ada di
Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Kudus dan Sekitarnya
Kudus merupakan sebuah Kabupaten yang ada di