Luwuk, Kota Terlama Yang Akan Menikmati Fenomen Gerhana Matahari Total Maret 2016

Gerhana Matahari memang sudah banyak orang yang mengetahui tentang fenomena alam tersebut, namun ada yang unik dengan Gerhana Matahari yang akan terjadi pada tahun 2016 ini. Dimana pada tahun 2016 ini akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Total yang hanya terjadi selama 350 tahun sekali.

Dan pada tanggal 9 Maret 2016 nanti kita akan diberikan kesempatan untuk menikmati peristiwa langka tersebut, dan pastinya akan banyak sekali orang yang tidak mau melewatkan fenomena langka ini. Untuk menikmati Fenomena Gerhana Matahari Total ini kita tidak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri, karena kita bisa menikmatinya dari Tanah Air kita sendiri, Indonesia.

Luwuk, Kota Terlama yang akan menikmati Fenomen Gerhana Matahari Total

Dikutip dari website resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau biasa yang disebut LAPAN, ada beberapa Provinsi di Indonesia yang bisa menikmati fenomena Gerhana Matahari Total secara penuh, diantaranya Provinsi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Selain itu, Lapan juga telah merilis kota mana yang bisa menikmati fenomen Gerhana Matahri Total, yaitu Kota Luwuk di Provinsi Sulawesi Tengah yakni dengan durasi 2 menit 50 detik. Dan selanjutnya disusul daerah Ternate dengan durasi selama 2 menit 39 detik, dan Poso sekitar 2 menit 40 detik.

Dan untuk provinsi lain di Indonesia, hanya bisa menikmati fenomen gerhana matahari total ini sebagian saja, dan provinsi tersebut meliputi Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon.

Gerhana Matahari Total ini terjadi ketika seluruh piringan dari Bulan menutupi seluruh piringan  matahari. Fenomena yang langka ini tidak bisa dinikmati oleh seluruh daerah, sehingga ketika ada kabar yang mengatakan jika Gerhana Matahari Total bisa dinikmati di Indonesia, maka hal tersebut menjadi daya tarik pariwisata tersendiri di Indonesia.

Pada bagian Indonesia Timur, Gerhana Matahri Total ini akan terjadi sekitar pukul 09.00 waktu setempat, dan pada Indonesia bagian barat akan terjadi pada sekitar jam 07.30 WIB. Nantinya ada sekitar 3000 lebih ilmuwan dari seluruh dunia akan datang ke Palu untuk melakukan observasi tentang Gerhana Matahari Total ini.

Ternyata tidak hanya di Indonesia saja, sebagian besar kawasan Pasifik juga bisa menikmati fenomena langka ini, diantaranya Malaysia, di sekitar Asia Tenggara serta  benua Australia juga bisa menikmati fenomena langka tersebut.

Fenomena Gerhana Matahari Total ini dianggap fenomena alam yang sangat mengesankan yang akan terjadi di bumi ini, pasalnya seperti kita ketahui jika fenomena ini akan terjadi lagi sekitar 350 tahun mendatang.

Keunikan dari Gerhana Matahari Total ini adalah, dimana yang akan mengalaminya terlebih dahulu adalah wilayah Indonesia Barat,  padahal lazimnya matahari tersebut terbit dari wilayah Indonesia Timur.

Proses terjadinya Gerhana Matahari Total ini adalah dimana saat itu bulan bergeser menghalangi cahaya matahari, pergerakan bulan dalam mengitari matahari ini adalah dari barat dan berjalan ke timur, sehingga itulah sebabnya kenapa Gerhana Matahari Total akan dialam terlebih dahulu oleh wilayah Indonesia Barat.

Namun perlu di ingatkan juga, meski Gerhana Matahari Total merupakan fenomen langka, kamu harus tetap menjaga keselamatan juga saat menikmatinya. Yakni dengan menggunakan kacamata khusus atau biasa disebut dengan kacamata matahari, hal ini menghindarkan agar mata kamu nantinya tidak rusak sesaat setelah melihat Gerhana Matahari Total ini.

Tags: kota luwuk

Posting Terkait "Luwuk, Kota Terlama Yang Akan Menikmati Fenomen Gerhana Matahari Total Maret 2016"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah
Tips Aman Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Gerhana Matahari Total suatu momen langka, unik,