Inilah Misteri Kematian 17.000 Jiwa di Danau Nyos

Nyos Lake Menelan 17.000 Jiwa – Anda mungkin pernah mengalami kejadian aneh di sekitar anda. Dan anda mungkin juga pernah mendengar berita tentang kejadian aneh di belahan dunia lain. Salah satu kejadian aneh yang banyak menyita perhatian adalah meninggal penduduk sekitar danau Nyos yang mencapai 17.000 jiwa.

Nyos Lake merupakan danau yang terletak di Kamerun, Afrika Barat yang luas dan memiliki kedalaman 157 meter dan memiliki bagian paling dalam hingga 208 meter. Di sekitar danau tersebut banyak ditinggali oleh para penduduk.

Lake Nyos

Tapi pada tahun 1986, terjadi hal yang misterius pada penduduk sekitar yakni sekitar 17000 Jiwa penduduk meninggal secara mendadak dan bersamaan. Yang membuatnya lebih aneh adalah penduduk yang meninggal tersebut meninggal dalam posisi melakukan kerja sehari-hari. Seperti, orang meninggal pada saat meminum air, orang meninggal pada saat memompa air, orang meninggal sedang memasak dan masih banyak lagi lainnya.

Beberapa orang penduduk yang selamat itu mencertikan apa yang terjadi pada hari tersebut. Diceritakan bahwa, pada hari malam sebelum kejadian, udara di sana terasa bau seperti telur busuk, dan hawanya pun menjadi hangat. Para penduduk tidak mempedulikan keanehan yang terjadi pada malam itu. Para penduduk pun melakukan aktifitas seharian mereka, dan tiba-tiba banyak mayat bergelimpangan.

Kematian tersebut memang menjadi misteri tersendiri, dan belum ada yang tahu pula kematian tersebut terjadi karena apa. Namun, para ahli menemukan bahwa warna air di Lake Nyos tersebut berubah, dari yang berwarna bening menjadi berwarna orange terang.

Para peneliti menjadi giat untuk melakukan penelitian, mereka meneliti Danau Craten di Oregon yang merupakan danau terluas ketujuh di dunia dengan luas 50 km2 dan kedalaman hingga 594 meter. Digambarkan jikalau Empire State dimasukkan ke danau tersebut akan tenggelam. Danau Craten memiliki ari sekitar 19 triliun liter. Danau Craten tercipta karena letusan Gunung Mazame hingga membentuk kawah, dan kawah itu terbentuk menjadi danau Craten. Aktifitas Gunung Mazame masih mempengaruhi danau Craten, karena dibawah danau tersebut masih terdapat kolam-kolam bekas magma yang tetap panas.

Para ahli menemukan, bahwa suhu air di dasar danau lebih hangat beberapa derajat celcius dan memiliki kadar garam yang lebih pekat serta banyak mengandung CO2. Lalu Co2 tersebut merembes dari celah-celah kerak bumi menuju kawah danau.

Co2 terhalang naik ke udara karena adanya air, meskipun ada yang terlepas itu pun sedikit dan akan hilang jika terhempas angin. Pergantin musim mempengaruhi hal tersebut, pada musim dingin, perputaran air akan terdorong ke bawah karena suhu di bawah lebih hangat sedangkan pada musim panas perputaran air cenderung ke atas.

Penemuan tersebut membantu para ahli untuk menyimpulkan apa yang sebenarnya terjadi di danau Nyos. Malam hari sebelum peristiwa tersebut, ada tebing di tepi danau yang runtuh dan masuk ke danau. Runtuhan tebing ini diperkirakan telah menggoncang lapisan-lapisan air, sehingga lapisan co2 menjadi pecah dan mengalirkan co2 ke permukaan.

Di pagi harinya, co2 ini masuk ke pemukiman penduduk, banyak penduduk yang tidak menyadari kedatangan co2 karena gas ini tidak berwarna dan tidak berbau. Dan gas ini lah yang menyebabkan banyak penduduk meninggal pada saat melakukan aktifitas.

Itu tadi informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat berguna buat anda semua, terima kasih.

Tags: misteri Nyos Lake Nyos Lake

Posting Terkait "Inilah Misteri Kematian 17.000 Jiwa di Danau Nyos"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak