Inilah Mengapa Terjadi Fenomena Albino Pada Hewan!

Kita semua pasti sering melihat fenomena albino, baik itu di dunia nyata maupun hanya dilayar televisi. Albino tidak hanya dialami oleh manusia saja, hewan pun juga bisa mengalaminya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar tentang mengapa terjadi albino pada hewan. Meskipun albino itu merupakan sebuah kelainan pada kulit, namun beberapa orang, bahkan kita sendiri beranggapan bahwa hewan yang mengalami kelainan ini akan terlihat lebih lucu karena semua bagian tubuh mereka akan memiliki warna putih.

fenomena albino pada hewan

Namun apakah anda tahu apa sebenarnya penyebab dan bagaimana cara mengetahui dari fenomena tersebut? Yuk intip semua informasinya disini! Jenis kelainan ini akan menyebabkan absennya pigmentasi di mata, kulit, rambut, keseluruhan tubuh ataupun hanya sebagian tubuh. Albinisme ini terjadi karena kurangnya pigmen melanin yang berfungsi untuk memberi warna pada rambut, mata dan kulit.

Dalam kasus ini, enzim yang ikut terlibat dalam memproduksi melanin itu rusak atau bahkan tidak ada. Pada umumnya, kondisi seperti ini diturunkan oleh orang tuanya. Namun dalam sebagian kasus, bisa saja diwariskan oleh orang tua tunggal. Bahkan orang tua yang sama sekali tidak memiliki kelainan ini pun bisa memiliki peluang untuk menurunkan fenomena albino pada anak-anaknya. Hal ini bisa terjadi karena orang tua merupakan pembawa gen penyebab kondisi ini.

Albino bisa menyerang hampir semua jenis hewan yang memiliki melanin didalam tubuhnya, contohnya seperti amfibi, burung, moluska, kemudian reptile dan mamalia. Oleh sebab itulah albinise ini juga terjadi pada hiu, buaya, lumba-lumba, paus, katak, kura-kura, sigung dan lain sebagainya. Setelah mengetahui penyebab dari terjadinya fenomena albino, informasi selanjutnya yang wajib untuk anda ketahui yaitu bagaimana cara untuk mengidentifikasi terjadinya albinisme pada hewan.

fenomena albino

Hewan yang terkena kelainan ini memang akan memiliki tubuh berwarna putih. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua hewan yang seluruh tubuhnya berwarna putih itu mengalami albino. Nah cara utama untuk mengidentifikasi apakah hewan tersebut terkena kelainan ini atau tidak yaitu sebagai berikut:

1. Dari warna matanya. Warna dari hewan albinisme akan berwarna merah atau merah muda.

Ini disebabkan karena kekurangan melanin, sehingga pembuluh darah matanya menjadi terlihat dan mata Nampak berwarna merah.

2. Selain matanya yang berwarna merah, kulit, kuku dan sisik pun akan putih pucat dengan samar kemerahan. Hewan yang terkena fenomena albino tentu akan mendapatkan masalah:

  • Masalah yang pertama yaitu, hewan akan sangat rentan dari sinar matahari serta kanker kulit. Ini disebabkan karena pigmen yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari ultraviolet itu rusak.
  • Masalah yang kedua, hewan albino tidak bisa melakukan penyamaran jika dibandingkan dengan teman-teman mereka yang normal. Dengan demikian, maka albinisme akan sangat rentan terlihat predator.
  • Albinisme juga akan menyebabkan masalah pada penglihatannya. Sehingga hewan tersebut akan sulit untuk mencari pasangannya karena warna yang dihasilkan tidak normal.

Meskipun fenomena albino pada hewan itu menimbulkan masalah untuk dirinya sendiri, namun ada fakta menarik dari hewan yang terkena kelainan itu. Apakah itu? Ada beberapa kelompok dari suku tertentu yang melakukan penyembahan kepada hewan albino. Kelompok tersebut percaya bahwa binatang yang seperti ini akan membawa sebuah keberuntungan.

Kemudian dalam beberapa kebudayaan, hewan albino akan diberikan perlindungan agar tidak sampai terkena buru oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk informasi, albino sering disamakan dengan fenomena leucism. Memang hewan yang mengalami fenomena ini akan memiliki tubuh berwarna putih. Namun leucism itu tidak bisa memproduksi melanin, berbeda dengan albino yang bisa memproduksi melanin namun kurang. Sehingga kulitnya berwarna putih.

Ciri paling utama yang digunakan untuk membedakan mana hewan albino dan leucism yaitu pada matanya. Jika albino akan memiliki warna mata kemerah-merahan, maka leucism akan memiliki warna mata kegelapan. Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada anda tentang, apa saja penyebab dari terjadinya fenomena albino, apa saja masalah yang akan dihadapi hewan tersebut dan fakta keunikan dari hewan albinisme.

Tags: Binatang Fenomena Hewan

Posting Terkait "Inilah Mengapa Terjadi Fenomena Albino Pada Hewan!"

5 Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Bukti Fosilnya!
Dinosaurus terbesar sepanjang sejarah merupakan bagian sejarah
Hutan Yang Masih Menjadi Misteri, Simak Info Mencengangkan Ini!
Hutan sebagai salah satu bagian penting di
Jangan Pernah Menyentuh Tumbuhan Ini Jika Tak Ingin Mati Seketika
Bukan hanya hewan, tumbuhan yang biasanya menjadi
Yeti, Makhluk Hidup di Kutub yang Masih Menjadi Misteri
Anda tentu sudah tak asing lagi dengan