Inilah Fenomena Langit Yang Langka dan Jarang Sekali Bisa Kita Temui

Di dunia ini terdapat berbagai macam fenomena alam khususnya fenomena luar angkasa yang terjadi di tahun 2012. Dari berbagai macam fenomena yang terjadi tersebut, ada 3 kejadian alam langka yang beruntun bisa dinikmati oleh manusia yang masih hidup di tahun 2012. Lalu, apa sajakah fenomena langit yang langka tersebut ? mari kita simak ulasan 3 fenomena langit yang langka berikut ini.

Fenomena Langit Yang Langka

Supermoon

Pada tanggal 5 mei lalu, orang-orang dari berbagai penjuru dunia banyak yang dapat menikmati fenomena keindahan bulan yang langka ini. Fenomena bulan yang langka ini disebut juga dengan nama Supermoon. Dari tahun 1955, 1974, 1992, 2005, dan 2011 fenomena semacam ini memang pernah juga muncul, namun fenomena Supermoon yang terjadi pada bulan Mei tersebut bisa dikatakan sebagai Supermoon terbesar serta yang paling terang jika dibandingkan dengan kejadian yang sebelumnya.

Menurut ilmuwan, Supermoon yang terjadi pada tahun 2012 tersebut kemungkinan akan terjadi lagi pada beberapa tahun kemudian.

Supermoon sendiri merupakan istilah yang digunakan oleh para astrolog dalam menggambarkan keadaan bulan yang penuh pada saat bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Istilah ini sebenarnya tidak diterima secara luas, terutama di kalangan para ilmuwan.

Karena secara spesifik, supermoon dapat merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya sekitar 10% dengan bumi atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Namun ketika fenomena ini terjadi, bulan akan nampak lebih besar dan lebih terang dari biasanya, meskipun perubahan jarak bulan hanya beberapa kilometer saja.

Venus Transit

Pada tanggal 6 Juni 2012 juga terjadi satu fenomena luar angkasa yang langka yaitu Venus yang melaukan ‘pengembaraan’´ke matahari. Namun ada satu hal yang membuat momen perpindahan Venus ke Matahari ini adalah dikarenakan semuanya bernuansa 6, yakni pada tanggal 6, bulan 6 serta terjadi pada pukul 6 sore. Menurut analisa para ilmuwan astronom, fenomena langka Venus transit ke matahar ini terjadi hanya 105 tahun sekali.

Tentu saja momen ini sangat jarang ditemui oleh manusia mengingat sangat jarang ada manusia yang hidup hingga selama itu. Para ahli juga memprediksi bahwa kejadian seperti ini akan terjadi kembali sekita tahun 2117.

Secara historikal Venus Transit memiliki peran yang sangat penting bagi ilmu pengetahuan. Karena pada zaman dulu, Venus Transit berhasil digunakan untuk memperoleh perkiraan untuk ukuran realistis Tata Surya. Pengamatan yang dilakukan pada transit tahun 1639, dikombinasikan dengan prinsip paralaks, sehingga dapat memberikan perkiraan jarak antara Matahari dengan Bumi yang lebih akurat dari pada data lain pada saat itu.

Transit yang terjadi tahun 2012 sendiri memberikan ilmuwan berbagai kesempatan riset lain, terutamanya adalah dalam perbaikan teknik yang digunakan untuk pengamatan planet luar.

Galaksi sejajar

Jika dalam bahasa Inggris, sejajarnya galaksi dengan beberapa benda yang ada di langit ini disebut juga dengan Galactic Alignment. Para ahli telah memperkirakan bahwa pada tanggal 21 Desember 2012 ini kemungkinan akan terjadi Galactic Alignment. Seperti yang telah tertulis dalam kalender hitungan panjang suku Maya kuno. Menurut Wikipedia, pada tanggal tersebut, beberapa benda langit seeprti, matahari, Bumi, dan yang lainnya akan tepat ebrada di garis galaksi.

Semuanya akan terlihat sejajar seperti urutan yang berbaris. Fenomena langka semacam ini diperkirakan hanya akan berlangsung sekitar 25.800 tahun sekali. Bahkan menurut rumor yang beredar ada yang mengatakan bahwa pada saat Galactic Alignment terjadi, Bumi akan menjadi gelap gulita.

Tags: fenomena alam fenomena langka

Posting Terkait "Inilah Fenomena Langit Yang Langka dan Jarang Sekali Bisa Kita Temui"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah