Inilah Beberapa Nama Daerah Di Indonesia Ini Diabadikan Di Planet Mars

Mars merupakan planet keempat dari matahari. Ukuran Mars sekitar setengah dari ukuran Bumi serta memiliki dua bulan, yaitu Phobos dan Deimos. Permukaan planet Mars berwarna merah, hal ini disebabkan teran karena oksidasi besi yang ada dalam tanah. Mars memiliki kepadatan 100 kali dari pada Bumi dan terdiri dari karbondioksida.

Planet Mars lebih kecil dan lebih dingin serta memiliki jarak yang lebih jauh dari matahari. Karena memiliki kemiringan sumbu rotasi (inklinasi aksial) terhadap bidang orbitnya mengelilingi matahari yang hampir sama dengan Bumi maka Mars memiliki musim yang mirip dengan Bumi.

Beberapa Nama Daerah Di Indonesia Ini Diabadikan Di Planet Mars

Jarak rata-rata dari Mars ke matahari adalah sekitar 228 juta kilometer. Seperti yang telah disebutkan di atas, orbit Mars yang cukup eksentrik yang menyebabkan perbedaan hampir 42juta kilometer antara jarak terjauh matahari (aphelion) dengan jarak terdekat (perihelion). Adapun badan di dalam orbit gravitasi terikat, planet Mars memiliki orbit yang lebih cepat ketika dekat dengan matahari jika dibandingkan ketika jauh. Akibatnya empat musim yang terjadi di Mars bervariasi antara satu dengan yang lain.

Tapi tahukah kalian ternyata di planet Mars ada beberapa nama kota di Indonesia yang diabadikan menjadi nama kawah. Berikut ini adalah beberapa nama kota di Indonesia yang diabadikan sebagai nama kawah di planet Mars

Kawah Tomini

Kawah ini terletak di garis lintang 16.1 dan bujur 125.8 serta memiliki diameter 7.4Km. Sedangkan Tomini sendiri di Indonesia terletak di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara yang tepatnya berada di teluk Tomini. Nama Tomini disetujui untuk dijadikan sebagai nama kawah pada tahun 2006.

Kawah Tarakan

Kawah ini terletak di garis lintang -41.2 dan garis bujur -30.5 dan memiliki diameter 39.8 Km. Sedangkan kota Tarakan sendiri terletak di Kalimantan Utara. Nama Tarakan disetujui untuk dijadikan sebagai nama kawah pada tahun 1976.

Kawah Sigli

Kawah ini terletak di garis lintang -20.3 dan garis bujur -30.9 dan memiliki diameter 31.4 Km. Sedangkan Sigli sendiri terletak di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Nama Sigli disetujui untuk dijadikan sebagai nama kawah pada tahun 1976.

Kawah Gah

Kawah ini terletak di garis lintang -44.7 dan garis bujur -32.7 dan memiliki diameter 2.7 Km. Sedangkan Gah di Indonesia terletak di Maluku. Nama Gah disetujui untuk dijadikan sebagai nama kawah pada tahun 1976.

Munculnya berbagai macam kawah di planet Mars dipicu oleh hantaman batu antariksa. Supaya memudahkan para peneliti untuk mengidentifikasi kawah-kawah yang ada di planet Mars maka kawah-kawah tersebut diberikan nama. Dan beberapa nama kawah yang diberikan diambil dari nama kota atau daerah yang ada di Indonesia. Penamaan kawah di planet Mars tidak asal, karena nama-nama untuk kawah di planet Mars tersebut harus mendapatkan persetujuan oleh International Astronomical Union (IAU). Sehingga nama-nama kawah yang diberikan adalah resmi.

Untuk kawah-kawah kecil yang memiliki ukuran sekitar 60 Km atau bisa juga lebih kecil memang sudah ditetapkan untuk menggunakan nama kota kecil atau desa yang ada di dunia. Daerah-daerah tersebut juga harus memiliki penduduk dengan jumlah 100 ribu orang atau bisa juga kurang.

Demikian ulasan tentang beberapa nama daerah di Indonesia yang diabadikan sebagai nama akwah di planet Mars. Semoga infromasi yang diberikan bisa menambah wawasan tentang astronomi dan bermanfaat. Terima kasih.

Tags: mars planet mars

Posting Terkait "Inilah Beberapa Nama Daerah Di Indonesia Ini Diabadikan Di Planet Mars"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah