Inilah 7 Planet Berpotensi Memiliki Kehidupan, Lihat Yuk!

Terdapat tujuh planet yang ada di Bima Sakti tata surya kita yang memiliki potensi untuk dapat memilki kehidupan, peneliti dari sebuah proyek yang ambisius untuk membuat sebuah katalog yang berisi semua dunia lain yang dapat dihuni selain Bumi, katalog exoplanets huni atau disebut juga dengan HEC yang merayakan ulang tahun pertamanya dengan mengumumkan bahwa mereka telah memiliki data yang melebihi harapan dalam mencari planet Bumi yang baru.

Pemimpin peneliti Abel Mendez yang juga merupakan seorang direktur dari University of Puerto Rico di Laboraturium Habitability Planetary Arecibo, mengatakan bahwa para tim peneliti berharap untuk dapat menambahkan mungkin satu atau dua planet pada tahun pertama proyek ini berjalan.

7 Planet Berpotensi Memiliki Kehidupan

Prof. Mendez juga mengatakan ada siaran pers yang mengumumkan tentang penemuan planet yang layak huni, namun hal tersebut masih membingungkan. Jadi dengan memiliki katalog tersebut setiap orang dapat memeriksa apa yang telah tersedia sekarang bisa berguna untuk masa yang akan datang.

Prof. Abel Mendez menambahkan bahwa dengan para ilmuwan memperbaiki teknik mereka untuk dapat menemukan planet di luar tata surya, laju penemuan planet ini pun akan sangat meningkat dengan drastic. High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher atau disingkat dengan HARPS yang berada di Chili serta teleskop Kepler yang mengorbit di angkasa merupakan dua dari alat penelitian yang membantu penemuan exoplanets baru di setiap bulannya.

Berikut ini adalah daftar planet yang memiliki potensi sebagai Bumi baru yang telah ditemukan

1. Gliese 581d

2. HD 85512b

3. Kepler 22b

4. Gliese 667cc

5. Gliese 581g

6. Gliese 163c

7. HD 40307g

Tim peneliti Profesor Mendez di Laboratorium Habitability Planetary telah emluncurkan HEC pada bulan Desember tahun lalu. Ia telah disusun dengan kebutuhan untuk mengukur kesesuaian untuk kehidupan dunia ini yang muncul. Dilaporkan ada hampir 80 exoplanets yang dikonfirmasi memiliki ukuran yang mirip dengan Bumi, namun masih sedikit yang memiliki jarak yang tepat dari bintang untuk mendukung cairan air yang ada di permukaan.

Para peneliti mengatakan bahwa katalog menggunakan penilaian kelayak hunian seperti indeks kesamaan Bumi (ESI), Jarak zona layak huni (HZD), Global Primer Habitability (GPH), sistem klasifikasi serta perbandingan dengan bumi masa lalu serta bumi masa kini.

Namun kalsifikasi planet ekstrasurya yang menggunakan terran bukanlah ukuran bumi untuk menghindari dari perbandingan yang ketat dengan Bumi, dikarenakan banyak dari dunia ini yang mungkin memiliki beberapa kesamaan fisik dengan Bumi, namun tetap saja tidak mungkin jika yang diperlukan yang semestinya mirip dengan Bumi.

Tujuh eksoplanet yang berpotensi untuk dihuni sekarang ini telah terdaftar oleh HEC, salah satunya termasuk Gliese 581g yang disengketakan, ditambah dengan beberapa planet yang diperkirakan lebih dari 27 kandidat NASA Kepler yang menunggu konfirmasi.

Tetapi organisai ini memperingatkan bahwa sementara ini ada objek yang menarik untuk diamati lebih lanjut, namun belum ada jaminan beberapa planet tersebut layak untuk dihuni. HEC mengatakan bahwa penelitian ini akan memakan waktu yang lama untuk melakukan pengamatan baru, serta membutuhkan ruang observatorium yang lebih untuk memverifikasi ciri obyek.

HEC diluncurkan pada 5 Desemebr 2011, dan pada hari yang sama Tim NASA Kepler mengumumkan penemuan Kepler 22b pada Konferensi Sains Kepler Pertama di NASA Ames, California.

Demikian sedikit ulasan tentang 7 planet berpotensi memiliki kehidupan. Semoga informasi yang diberikan bisa menambah wawasan anda tentang astronomi tata surya kita dan bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tags: bumi baru planet

Posting Terkait "Inilah 7 Planet Berpotensi Memiliki Kehidupan, Lihat Yuk!"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah