Foto Menakjubkan Yang Menunjukkan Keindahan Bima Sakti Atau Milky Way

Foto-foto yang luar biasa tersebut merupakan foto Bima Sakti atau jalur bintang yang diambil dari beberapa lokasi yang paling indah di Inggris. Beberapa tempat dimana Foto tersebut diambil adalah Stonehenge, gunung St Michael di Cornwall dan Southampton Netley Abbey. Dari foto-foto tersebut menunjukkan foto langit malam yang begitu sempurna.

Bima Sakti Atau Milky Way

Jalur bintang atau Milky Way (dalam bahasa Yunani) atau yang juga kita kenal dengan Bima sakti merupakan galaksi tempat bumi kita berada serta merupakan salah satu dari jutaan galaksi yang ada di alam semesta. Galaksi sendiri terdiri dari jutaan bahkan miliaran bintang yang terikat oleh gaya grafitasi yang memusat pada pusat galaksi (black hole). Kumpulan bintang-bintang yang terpusat serta membentuk kumpulan cahaya yang berpola inilah yang selanjutnya disebut Bentuk Galaksi. Ada bermacam-macam Bentuk galaksi, ada yang berbentuk elips, spiral, dan tak beraturan.

Bima sakti atau jalur bintang (Milky Way) merupakan “Kota Bintang”. Kenapa disebut demikian? Hal ini dikarenakan Bima sakti atau jalur bintang (Milky Way) tersusun atas jutaan bintang yang bersinar. Seandainya kita analogikan Milky Way sebagai sebuah kota, maka bintang-bintang yang ada di dalamnya bisa dianalogikan sebagai rumah-rumah atau bangunan-bangunan yang ada di dalam kota. Bintang juga mengalami perkembangan layaknya seperti bangunan yang terus tumbuh dan mengkonversi tanah di bumi. Lahir serta berkembang semakin banyak.

Seorang astronom terkemuka asal Jerman bernama William Herschel (1780) merupakan yang pertama kali mengamati distribusi bintang di langit serta memberikan kesimpulan atas pengamatannya terhadap 600 bintang yang ada di langit yang berbeda bahwa jumlah bintang mengalami pertumbuhan yang mengarah pada satu arah tetap di langit. Yaitu Bima Sakti.

Milky Way termasuk dalam jenis galaksi spiral karena terdapat lengan yang memutar berbentuk spiral dengan black hole sebagai pusat. Lengan Milky Way yang membentuk spiral dan berwarna gelap tersusun atas jutaan bintang serta nebula. Nebula merupakan awan bintang yang terdiri dari debu, gas dan plasma. Nebula adalah rumah bayi bintang (baby star) yang baru lahir untuk bertumbuh kembang. Nebula dapat menghasilkan cahaya yang berwarna-warni yang memancar indah. Cahaya ini terbentuk akibat dari pengaruh gas yang menyusunnya.

Setiap gas memiliki pendaran warna yang berbeda-beda. Warna merah untuk hidrogen, warna hijau untuk oksigen dan lain sebagainya. Anda bisa melihatnya dari Orion Nebula, Eagle Nebula, Helix Nebula, dan Crab Nebula. Di mana nebula-nebula tersebut memendarkan warna-warni cahaya yang sangat indah di galaksi kita.

Sang fotografer, David Sharp, telah menghabiskan banyak waktu untuk mengamati langit malam serta dengan sabar menunggu momen yang tepat untuk mengambil foto tersebut. David Sharp telah mendedikasikan banyak waktu luangnya untuk dapat meneliti galaksi Bima Sakti untuk memberikan kesempatan terbaik bagi dirinya untuk melihat momen itu.

Lokasi yang menjadi favorit David Sharp untuk mengambil gambar astronomi adalah pantai selatan karena kondisinya ynag cenderung lebih baik. David sharp sangat menikmati mengambil gambar Bima Sakti di atas Stonehenge, Wiltshire, dikarenakan link astronominya yang kuno.

Bima Sakti atau Milky Way merupakan sebuah galaksi kecil yang berada di antara berjuta galaksi di alam semesta yang mana pada setiap galaksinya terdiri dari jutaan bintang. Belum lagi tata surya kita yang ternyata hanya sebuah titik kecil dari Bima sakti. Begitu juga Bumi yang hanya salah satu dari bagian kecil di Tata Surya ini. Demikian ulasan tentang foto menakjubkan yang menunjukkan keindahan bima sakti atau milky way. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

Tags: Bima Sakti jalur bintang

Posting Terkait "Foto Menakjubkan Yang Menunjukkan Keindahan Bima Sakti Atau Milky Way"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah