Fenomena Detik Kabisat (Leap Second), Yuk Pelajari Selengkapnya di Sini !

Detik Kabisat (Leap Second) – Waktu memang sangat berharga bagi makhluk hidup bahkan lebih berharga dari pada uang. Tahukah anda, bahwa bumi ini sempat memiliki tambahan waktu selama 1 detik, dan hal itu terjadi pada tahun 2012. Hal itulah yang disebut detik kabisat (leap second).

Detik kabisat adalah penyisipan wkatu 1 detik ke dalam kalender. Waktu 1 detik tersebut disisipkan dengan tujuan agar waktu di seluruh lapisan masyarakat menjadi akurat sesuai dengan nilai waktu matahari rata-rata. Yang perlu diketahui bahwa detik kabisat ini tidak ada hubungannya dengan tahun kabisat.

detik kabisat

Sistem waktu yang digunakan di Bumi terkenal ada dua yakni sistem waktu astronomis (Greenwich mean time). International Astronomical Union mendefinisikan 1 detik waktu astronomis sebagai 31.556.929,9747 panjang tahun tropic 1900. Dengan sistem waktu tersebut, maka bumi memiliki panjang waktu 86.400 detik setara dengan 1.440 menit dan setara dengan 24 jam.

Sistem waktu Atomik digunakan dengan perhitungan jam atom. Waktu 1 detik adalah waktu yang dibutuhkan cahaya merah jingga untuk bergetar 9.192.630.771 kali dalam proses eksitasi isotop Cesium-133. Eksitasi adalah transisi electron sebuah atom dati tingkat tinggi ke tingkat rendah dan diikuti oleh pancaran foton (cahaya) dengan energy yang sebanding.

Pengumuman detik kabisat dilakukan jika ada perbedaan waktu mendekati setengah detik antara UT1 dan UTC. Penyisipan waktu satu detik tersebut biasanya terjadi pada tanggal 30 Juni atau 31 Desember. Dan hal pada modern ini detik kabisat ini pernah terjadi pada 30 Juni 2012, dan ketika di Indonesia detik kabisat tersebut terjadi pada 1 Juli 2012.

Detik kabisat sudah dijelaskan di atas bahwa hal itu tidak ada kaitannya dengan tahun kabisat. Dalam sejarah, detik kabisat telah disisipkan kira-kira setiap 18 bulan, namun kecepatan rotasi bumi tidak bisa diprediksi lebih panjang. Hal ini menyebabkan tidak mungkinnya ditetapkan detik kabisat lebih dari satu tahun sebelumnya.

1 detik tambahan tersebut mungkinlah tidak terlalu berarti namun hal itu membawa dampak besar. Faktanya pada 30 Juni 2012 lalu, bayak server seperti Reddit, Linkedin, Mozilla, dan Pirate Bay mengalami down akibat crash yang disebabkan oleh penambahan 1 detik tersebut. Sistem tersebut down karena jam pada computer sudah disinkronkan dengan UTC baik itu secara langsung maupun melalui Network Time Protocol.

Bukan hanya web saja, bahkan International Space Station mengalami gangguan yakni beberapa jam kontak pengendali misi stasiun atariksa internasional (ISS) mati total. Sehingga ISS hilang dalam pantauan, hal itu terjadi karena salah satu computer komunikasi terjadi crash dan hal itu diakibatkan karena detik kabisat.

Banyak pihak menolak adanya detik kabisat atau leap second karena banyak hal yang tidak baik yang terjadi diantaranya:

  • Detik kabisat bisa menyebabkan masalah pada computer yang sudah tersinkronisasi dengan UTC.
  • Anomali detik kabisat sulit ditebak, dan waktunya juga sulit diprediksi.
  • Waktu yang sesuai dengan kaidah astronomis tidak berdampak terlalu besar pada kehidupan manusia.

Sibalik itu semua juga ada banyak pihak yang mendukung adanya leap second ini dengan berbagai alasan yaitu:

  • Sistem computer yang khawatir terkena dampak, bisa menggunakan sistem TAI.
  • Para pemakai computer masih bisa memundurkan waktu computer 1 detik agar sesuai.
  • Mengabaikan leap second, berarti menyia-nyiakan usaha pendahulu yang sudah membuat penanggalan astronomi.
  • Jika leap second ditiadakan, bisa mengacaukan sundials.

Tags: kabisat kalender

Posting Terkait "Fenomena Detik Kabisat (Leap Second), Yuk Pelajari Selengkapnya di Sini !"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak