Fakta Terbaru Mengejutkan Tentang Lokasi Sebenarnya Dari Taman Gantung Babylonia

Babylonia yang dibangun ketika masa kejayaan Mesopotamia sekarang sedang mendapat perhatian besar dari para sejarawan dan juga arkeolog. Bagaimana tidak, setelah kepercayaan dan penelitian beradabad – abad lamanya sudah ditentukan bahwa lokasi dari Taman Gantung Babylonia adalah di kota Hillah, Babel.

Namun fakta terbaru dari lokasi tersebut dibantah oleh seorang sejarawan senior. Sejarawan terkemuka asal Oxford mengeluarkan pernyataan bahwa kebun Babylonia yang sudah menjadi satu dari 7 keajaiban kuno tidaklah berada di Babel dan tidak pula di bangun oleh Raja Nebukadnezar. Menurut Dr Stephany Dalley alumni Universitas Oriental Institute Oxford bahwa kebun Babylonia lokasi sebenarnya adalah 300 km di utara Kota Niniveh yang dibangun oleh Sanherib Asyur sebagai saingan dari Babel.

Fakta terbaru mengejutkan tentang lokasi sebenarnya dari Taman Gantung Babylonia

Sudah 20 tahun Dr Stephany Dalley meneliti dan menguak misteri dari lokasi Taman Gantung Babylonia sebenarnya. Penelitian tersebut dimulai pada tahun 1992 dan baru saja selesai tahun 2012. Untuk menjelaskan mengenai teorinya tentang lokasi Taman Babylonia, Dr Dalley mengeluarkan sebuah buku dengan empat komponen kunci yang akan dibahas didalamnya.

Lokasi baru yang mengejutkan banyak sejarawan dan arkeolog itu dia temukan ketika sedang mempelajari deskripsi sejarah tentang Babylonia. Dr Dalley menemukan deskripsi tentang relief dari abad kesembilan belas di istana Sanherib, Niniwe. Relief tersebut menjelaskan tentang adanya pohon yang tumbuh dengan barisan tiang beratap, sama persis seperti deskripsi dari taman gantung Babylonia.

Babel yang menjadi lokasi sebelumnya dari Taman Gantung Babylonia ternyata sudah berubah menjadi Asyur ketika pada tahun 689 SM ditaklukkan, dan ibukota Asyur berubah menjadi Niniwe. Namun karena sudah selama berabad – abad dikenal sebagai Babel, maka semua orang tetap menyebut daerah tersebut adalah Babel.

Komponen kunci selanjutnya adalah daerah geografis yang tidak memungkinkan untuk aliran air menuju kota Hillah dimana taman gantung Babylonia dipercaya berada. Aliran air selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, dan kota Niniweh lokasinya lebih rendah dari aliran sungai yang menghimpit daerah Mesopotamia.

Yang terakhir adalah catatan yang ditulis oleh beberapa sejarawan mengenai deskripsi dan pemetaan daerah Niniveh, termasuk catatan dari Alexander Agung dan juga pasukannya yang sempat berkemah di dekat kota pada tahun 331 SM. Alexander Agung menuliskan bahwa ada salah satu saluran air besar yang menuju sebuah kota di daerah Niniveh yang menjadi tempat peristirahatan pasukannya. Saluran air besar yang dimaksud disini adalah kanal yang dibangun Sanherib di Ninive, jadi Nebukadnezar tidak pernah membangun kanal di Babel karena letak geografisnya.

Dari empat komponen tersebut, Dr Dalley membangun kesimpulan bahwa situs Taman Gantung Babylonia berada di Niniveh. Dari awalnya taman gantung yang hanya menjadi kepercayaan saja bahwa taman itu ada, sampai diketemukannya bukti fisik berbentuk catatan dan relief yang menjelaskan tentang eksistensi dari taman Babylonia ini.

Peneliti pertama dari taman gantung Babylonia ini percaya bahwa taman sebagai wujud dari kemakmuran Negara ini dibangun di kota kuno Babel, provinsi Babil di Irak. Kebun ini dibangun pada 605 dan 562 SM oleh Raja dari Neo Babel Nebukadnezar II. Sang Raja membangun taman ini untuk menyenangkan permaisurinya Amytis. Dikabarkan kebun yang dipersembahkan untuk istrinya itu mempunyai phon pinus, tanaman dan juga air yang sangat banyak.

Saat ini wujud dari taman gantung Babylonia memang tidak ada, tidak ada yang tahu apa yang terjadi karena tidak ada catatan sama sekali lebih jauh mengenai taman tersebut. Namun beberapa teori mengatakan bahwa taman tersebut hancur karena gempa bumi.

Tags: Babylonia misteri taman gantung

Posting Terkait "Fakta Terbaru Mengejutkan Tentang Lokasi Sebenarnya Dari Taman Gantung Babylonia"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak