Beberapa Alat Musik Tradisional Ini Dipercaya Memiliki Kekuatan Magis Didalamnya

Musik memang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita dahulu, meskipun jenis musik maupun alat instrumen yang digunakan tidaklah seperti yang ada saat ini. Pada zaman dahulu, musik ini hanya berupa nada atau bunyi-bunyian yang sangat sederhana, dan biasanya orang menggunakan musik ini hanya untuk acara-acara tertentu, seperti upacara adat.

Konon, musik ini juga di kaitkan dengan adanya kekuatan shiri didalamnya, tidak hanya didalam sebuah lirik saja, namun dari instrumen musik yang dihasilkan. Dan ada beberapa alat musik dari orang yang zaman dahulu dianggap memiliki kekuatan magis didalamnya, nada yang dihasilkannya pun juga tidak terlalu menarik, justru malah terkesan dengan nada yang cukup menyeramkan bila di dengarkan.

Nah jika kamu penasaran dengan alat musik tradisional apa saja yang dipercaya memiliki kekuatan magis didalamnya, bisa kamu ikuti uraian kita dibawah ini.

Death Whistle (Seruling Kematian)

Death Whistle

Mungkin dari namanya saja, sudah bisa membuat bulu kuduk kita berdiri. Seruling kematian atau lebih sering dikenal dengan “Death Whistle” merupakan sebuah alat musik tradisonal yang digunakan oleh suku Aztec sebagai pengiring upacara ritual adat. Seruling ini memang sangat erat kaitanya dengan kematian, karena dalam upacara tersebut akan ada manusia sebagai tumbal.

Selama upacara ritual pengorbanan itu berlangsung, Detah Whistle ini selalu dibunyikan karena diyakini mampu membimbing jiwa korban agar mencapai akhirat dan bisa menenangkan para dewa mereka.

Tidak hanya digunakan sebagai upacara ritual saja, Death Whistle biasanya juga digunakan ketika berperang, dengan memainkan instrumen dari musik ini mampu membuat musuh mereka takut karena suaranya yang sangat tidak nyaman didengar.

Mbira

Mbira

Mungkin kita sudah pernah menemui alat musik tradisional yang satu ini di Indonesia, Mbira merupakan sebuah alat musik yang berasal dari Zimbabwe yang masih terjaga hingga sekarang. Mbira terdiri dari berupa lempengan logam berukuran pegangan sendok yang disusung dengan sedemikian rupa dan mampu menghasilkan suara yang sangat indah bila dimainkan.

Konon, fungsi dari alat musik tradisional ini adalah untuk digunakan ritual dalam memanggil roh para leluhur,  maksud dari pemanggilan roh para leluhur ini adalah agar generasi saat ini bisa berkomunikasi atau bahkan meminta petunjuk pada nenek moyang mereka.

Ocarina

Ocarina

Ocarina merupakan sebuah alat musik tradisional yang dipercaya sudah ada sejak 10.000 tahun sebelum masehi, alat musik ini digunakan oleh para penduduk Amerika yakni pada era Mesoamerican. Alat musik Ocarina ini erbuat dari tulang, tanah liat, batu, kayu, maupun logam.

Bentuknya mirip sekali dengan seruling yakni terdapat 4-12 lubang dengan tersusun rapi yang harus dibuka tutup agar menghasilkan suara yang indah. Ocarina ini sering digunakan dalam ritual adat, suara yang dihasilkan mampu membuat seseorang bisa berkomunikasi dengan tuhan dan bahkan membawa manusi ke sebuah tempat misterius.

Didgeridoo

Didgeridoo

Didgeridoo merupakan sebuah alat musik tradisonal yang sudah berusia sekitar 1500 tahun miliki  suku Aborigin, dan hingga saat ini Didgeridoo masih digunakan. Didgeridoo memiliki bentuk seperti terompet memanjang, terbuat dari bahan kayu, dan pada ujung yang digunakan untuk meniup diberi lilin.

Meski terlihat mudah, namun tidak banyak orang Australia yang bisa memainkan alat musik tradisional mereka ini. Didgeridoo biasanya digunakan untuk menyertai lagu dan tarian dari suku Aborigin, selain itu Didgeridoo juga digunakan sebagai salah satu cara untuk berinteraksi dengan dengan dunia roh. Biasanya suku Aborigin juga menggunakan Didgeridoo untuk berkomunikasi dengan hewan atau melihat pola cuaca.

Nah itu tadi beberapa alat musik tradisional yang diyakini memiliki kekuatan magis didalamnya, pernahkah kalian menemuinya ?

Tags: alat musik misteri

Posting Terkait "Beberapa Alat Musik Tradisional Ini Dipercaya Memiliki Kekuatan Magis Didalamnya"

Terungkap, Misteri dibalik Senyuman Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa, pastinya semua orang sudah
Misteri None Belande Penunggu Pintu Air Manggarai
Pintu air Manggarai merupakan sebuah pintu air
Segitiga Bermuda Masalembo Di Indonesia Yang Masih Menjadi Misteri
Segitiga bermuda, mungkin kalian semua sudah tidak
Mata Air Ini Bisa Ubah Sesuatu Menjadi Batu, Benarkah ?
Air merupakan sebuah zat cair yang sangat