Apakah Anda Ingin Berkunjung Ke Planet Mars ? Ini Syaratnya

Keinginan manusia untuk dapat menundukkan luar angkasa membutuhkan sebuah pengorbanan. Jika pada akhirnya manusia sampai di planet Mars yang merupakan salah satu planet yang ada di dalam tata surya kita, maka orang tersebut tidak akan bisa lagi kembali ke Bumi.

Demikianlah salah satu ketentuan yang telah disampaikan oleh Mars One, yaitu sebuah perusahaan non-profit asal Belanda yang memiliki harapan untuk dapat mengirim manusia ke Mars pada tahun 2023. Selain tidak dapat melihat lagi planet kelahirannya, minimal manusia tersebut berusia 18 tahun, cerdas, serta dalam kondisi mental dan fisik yang prima.

Planet Mars

Direktur Medis Mars One yang juga mantan peneliti NASA Norbert Kraft mengatakan, bahwa zaman manusia terbagng dengan pesawat supersoik sudah lewat. Saat ini yang menjadi perhatian adalah bagaimana para astronaut bisa akrab serta bekerja sama satu dengan yang lainnya dalam melalui perjalanan panjang dari Bumi ke Mars dan untuk sepanjang hidup, demi menyongsong tantangan di depan.

Dana yang dibutuhkan untuk bisa menerbangkan manusia ke planet merah tersebut aalah US$6 miliar. Pihak Mars One optimis bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan , salah satunya adalah dengan menggelar semacam reality show. Sebagai tahap persiapan, Mars One terlebih dahulu akan meluncurkan satelit komunikasi serta suplai ke planet Mars pada tahun 2016. Dua tahun kemudian, mereka juga akan mengirim rover berukuran besar.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Mars merupakan planet keempat dari matahari. Ukuran Mars sekitar setengah dari ukuran Bumi serta memiliki dua bulan, yaitu Phobos dan Deimos. Permukaan planet Mars berwarna merah, hal ini disebabkan teran karena oksidasi besi yang ada dalam tanah. Mars memiliki kepadatan 100 kali dari pada Bumi dan terdiri dari karbondioksida.

Planet Mars lebih kecil dan lebih dingin serta memiliki jarak yang lebih jauh dari matahari. Karena memiliki kemiringan sumbu rotasi (inklinasi aksial) terhadap bidang orbitnya mengelilingi matahari yang hampir sama dengan Bumi maka Mars memiliki musim yang mirip dengan Bumi.

Jarak rata-rata dari Mars ke matahari adalah sekitar 228juta kilometer. Seperti yang telah disebutkan di atas, orbit Mars yang cukup eksentrik yang menyebabkan perbedaan hampir 42juta kilometer antara jarak terjauh matahari (aphelion) dengan jarak terdekat (perihelion). Adapun badan di dalam orbit gravitasi terikat, planet Mars memiliki orbit yang lebih cepat ketika dekat dengan matahari jika dibandingkan ketika jauh. Akibatnya empat musim yang terjadi di Mars bervariasi antara satu dengan yang lain, berbeda dengan di Bumi yang dimana setiap musimnya hanya berlansung selama seperempat tahun.Menurut hukum graviatsi Newton, kecepatan planet Mars merupakan maksimum pada perihelion serta minimum di aphelion, sehingga durasi musim menunjukkan variabilitas yang penting.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang planet Mars

  1. Mars merupakan planet keempat dari matahari
  2. Jarak rata-rata antara planet Mars ke matahari adalah 227.940.000 kilometer
  3. Jarak rata-rata antara planet Mars dan Bumi berkisar antara 54556761.6km ke 400726656km tergantung pada posisi kedua planet ini
  4. Planet Mars diambil dari nama dewa perang Romawi kuno, karena warnanya yang kemerahan menyerupai warna darah.
  5. Suhu rata-rata planet Mars adalah -60o C. Suhu ini sangat dingin bila dibandingkan dengan Bumi yang memiliki suhu rata-rata 14o C.

Apakah Anda berminat untuk mencoba hidup di planet Mars ? Demikian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tags: planet planet mars

Posting Terkait "Apakah Anda Ingin Berkunjung Ke Planet Mars ? Ini Syaratnya"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah