Akan Ada Asteroid Yang Melintas Dekat Dengan Bumi Pada 5 Maret 2016 Mendatang, Benarkah ?

Asteroid merupakan sebuah benda langit yang berukuran kecil dan padat yang terdapat pada sistem tata surya kita, asteroid merupakan sebuah contoh dari sejenis planet yang memiliki ukuran kecil, dan lebih kecil dari sebuah planet.

Sekitar 2 tahun lalu, sebuah asteroid kecil pernah terbang melewati Bumi kita dengan jarak aman sekitar 2 juta kilometer. Dan ada kabar terbaru juga, jika pada tahun ini tepatnya pada 5 Maret 2016 asteroid ini dikabarkan akan melintas lagi, dengan kemungkinan jaraknya semakin dekat lagi dibandingkan 2 tahun silam.

Akan ada Asteroid yang Melintas dekat dengan Bumi pada 5 Maret 2015 Mendatang

Pada 5 Maret 2016 mendatang, asteroid 2013 TX68 akan terbang melintasi Bumi dengan jarak sekitar 9 juta mil (14 juta kilometer) hingga 11.000 mil (17.000 kilometer) saja. Untuk variasi jarak dari lintasan asteroid ini tergantung dari lintasan asteroid itu sendiri, karena asteroid ini dilacak dengan kurun waktu yang sangat singkat setelah penemuan.

Para ilmuwan yang berada di NASA Center for Neo Studies (CNEOS) di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, telah menentukan jika asteroid ini tidak ada kemungkinanakan menabrak Bumi saat melintas pada bulan Maret 2016 mendatang.

Tapi para ilmuwan tersebut telah melakukan identifikasi dan kemungkinan asteroid kecil ini akan menabrak bumi yakni sekitar 28 Sepetember 2017 mendatang, namun hal tersebut memiliki kemungkinan perbandingan sekitar 1 : 250 juta. Dan terbang lintasan asteroid pada tahun 2046 dan 2097 nanti memiliki tingkat probabilitas dampak yang justru lebih rendah.

“Kemungkinan tabrakan di salah satu dari tiga tanggal terbang lintas masa depan terlalu kecil untuk menjadi kekhawatiran nyata, Saya sepenuhnya mengharapkan pengamatan masa depan untuk mengurangi probabilitas bahkan lebih.”  kata Paul Chodas, manajer dari CNEOS.

Asteroid 2013 TX68 diperkirakan memiliki ukuran sekitar 30 meter (100 kaki) saja, sebagai perbandingan adalah ketika asteroid yang memiliki ukuran sekitar 65 kaki (20 meter) di atas Chelyabinsk, Rusia sekitar 3 tahun lalu yang hancur di atmosfer bumi.

Jika asteroid 2013 TX68 mamsuki atmosfer bumi nantinya, maka kemungkinan akan terjadi ledakan udara dengan kekuatan dua kali lebih besar dibandingkan yang pernah terjadi di Chelyabinsk saat itu.

Asteroid 2013 TX68 ini telah ditemukan oleh Catalina Sky Survey yang mendapat dana dari NASA pada tanggal 6 Oktober 2013 lalu, saat mendekati bumi pada saat malam hari. Setelah melakukan 3 hari pelacakan, asteroid tersebut hanya terlihat di langit ketika siang hari, dan setelah itu tidak bisa diamati lagi.

Dikarenakan asteroid tersebut menghilang dalam kurun waktu yang cukup lama, maka para ilmuwan tidak dapat memprediksi orbit yang tepat mengelilingi matahari. Namun para ilmuwan itu percaya jika semua itu tidak akan mempengaruhi Bumi selama melintas pada bulan depan.

“Orbit asteroid ini cukup pasti, dan akan sulit untuk diprediksi di mana mencarinya, namun ada kemungkinan bahwa asteroid ini akan dijemput oleh teleskop  Pencari asteroid kami ketika terbang melewati bumi pada bulan depan, kami akan menyediakan data yang lebih tepat untuk menentukan orbit dari asteroid tersebut saat mengelilingi matahari.” Kata Chodas.

Demikian informasi yang dapat kita bagikan, Semoga dengan melintasnya asterid di Bumi kita ini nanti tidak akan terjadi hal yang tidak kita inginkan. Semoga artikel ini bermaanfaat untuk kalian semua ya guys.

Tags: Asteroid bumi

Posting Terkait "Akan Ada Asteroid Yang Melintas Dekat Dengan Bumi Pada 5 Maret 2016 Mendatang, Benarkah ?"

Rumor Tentang Asteroid Besar Akan Menabrak Bumi Di Bantah Oleh NASA
Asteroid merupakan sebuah benda langit yang memliki
Pesawat Ruang Angkasa “Juno” Akan Tiba Di Jupiter Tahun 2016 Ini
Wahana Antariksa bertenaga Surya, NASA Juno telah
Tips Aman Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Gerhana Matahari Total suatu momen langka, unik,