7 Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

7 Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan – Provinsi yang satu ini memiliki ciri khas sendiri dalam hal kuliner. Berbagai makanan penggugah selera dapat anda temui disini. Rasa nikmat yang dipadukan dengan tampilan yang unik membuat makanan khas yang ada di provinsi ini layak untuk dijadikan sebagai destinasi kuliner anda selanjutnya.

Salah satu jenis makanan yang terkenal disini adalah Soto Pekanbaru. Namun Riau tidak hanya memiliki Soto Pekanbaru saja karena di provinsi ini anda bisa menemukan berbagai makanan lezat lainya. Bagi yang penasaran seperti apa makanan yang ditawarkan oleh provinsi ini, berikut merupakan 7 makanan khas Riau yang layak untuk dicoba.

1.    Soto Pekanbaru

Soto Pekanbaru Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

Makanan khas Riau yang pertama adalah Soto Pekanbaru. Masing-masing daerah tentunya memiliki resep soto yang berbeda-beda, begitu juga dengan Pekanbaru. Soto Pekanbaru berbeda dengan soto lainya karena bahan yang digunakan bukanlah bihun, melainkan mie sagu. Selain itu soto ini juga tidak menggunakan daging ayam, namun menggunakan daging ikan salai.

2.    Roti Jala

Roti Jala Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

Roti yang satu ini memiliki bentuk yang unik dibandingkan roti lainya. Bentuk unik tersebut diperoleh dari cara pembuatan yang unik juga. Makanan ini memiliki rasa yang gurih karena dibuat dengan cara digoreng. Roti Jala biasanya dihidangkan bersama dengan kari ayam sehingga membuat makanan yang satu ini tampak berkelas.

3.    Bolu Kemojo

Bolu Kemojo Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

Kue yang satu ini memang kurang familiar di telinga, namun makanan ini sangat terkenal di Pekanbaru. Bahkan, banyak wisatawan yang tertarik untuk membeli bolu ini saat berada di Riau. Bahan yang digunakan untuk membuat bolu ini hanyalah telur ayam, santan, gula, garam, margarin, air pandan, dan vanili.

4.    Sate Ikan Senapelan

Sate Ikan Senapelan Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

Sate Ikan Senapelan merupakan makanan khas Riau yang dibuat dengan cara yang unik. Biasanya sate dibuat dengan cara mengiris daging kecil-kecil terlebih dahulu, lalu ditusuk dan dipanggang. Namun sate yang satu ini dibuat dengan cara mengolah ikan senapelan menjadi gulai terlebih dahulu. Setelah itu, ikan tersebut ditusuk dan dipanggang. Proses inilah yang membuat sate ini memiliki cita rasa yang lebih nikmat dibandingkan sate lainya.

5.    Kue Bangkit

Kue Bangkit Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

Kue yang memiliki warna putih kekuningan ini, konon berasal dari Melayu dan berkembang pesat di pulau Sumatera. Makanan ini diberi nama kue bangkit karena ukuran kue ini akan bertambah dua kali lipat setelah keluar dari oven. Kue Bangkit terkenal dengan rasanya yang manis, enak, dan gurih.

6.    Laksamana Mengamuk

Laksamana Mengamuk Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang terbuat dari kuini, gula merah, dan air santan. Konon, diceritakan bahwa minuman ini tercipta karena pada jaman dahulu ada seorang laksamana yang mengamuk karena istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini lalu dia menebas-nebaskan pedangnya hingga membuat puluhan buah kuini hancur. Wanita yang melihatnya kemudian mencampurkan buah kuini dengan gula merah dan air santan.

7.    Lempok Durian

Lempok Durian Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Riau yang terbuat dari bahan dasar durian. Lempak Durian memiliki bentuk yang menyerupai dodol. Makanan ini telah menjadi ikon Kabupaten Bengkalis. Oleh karena itu, jika anda mengunjungi tempat tersebut sebaiknya anda tidak lupa untuk membeli Lempak Durian.
Itulah makanan khas Riau yang harus anda coba saat berlibur di Riau.

Berwisata di provinsi ini tidak akan terasa lengkap jika anda tidak coba menyantap hidangan khas yang ada disini. Semoga artikel mengenai kuliner khas yang ada di Riau ini dapat memberikan manfaat untuk anda semua.

Tags: kuliner

Posting Terkait "7 Makanan Khas Riau Yang Sayang Jika Dilewatkan"

Rekomendasi Untuk Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya
Tujuan dari kita melakukan liburan selain untuk
Destinasi Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat
Salah satu nama kabupaten yang ada di
Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Kudus dan Sekitarnya
Kudus merupakan sebuah Kabupaten yang ada di