7 Makanan Khas Lampung Yang Populer

7 makanan khas lampung yang paling populer – Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sajian kuliner yang menggugah selera. Beberapa makanan disini memiliki tampilan yang unik sehingga anda akan terkejut saat melihat tampilanya. Jika anda adalah seorang pencinta kuliner, maka sebaiknya anda coba menyantap makanan yang ada disini.

Kuliner khas Lampung menyajikan makanan yang memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Bagi yang penasaran seperti apa keunikan makanan di provinsi ini, berikut kami sajikan untuk anda  7 makanan khas Lampung yang menarik untuk dicoba.

1.    Seruit

seruit makanan khas lampung yang paling populer

Makanan khas Lampung yang pertama adalah Seruit. Kuliner ini dibuat menggunakan ikan sungai besar seperti ikan baung, layis, ataupun belide. Ikan tersebut kemudian diolah dengan cara dibakar atau digoreng, dan dicampur menggunakan tempoyak, sambal terasi, atau mangga. Agar tampilanya lebih menarik, seruit biasanya dihias menggunakan lalapan seperti daun kemangi, jengkol, jambu monyet, atau terong bakar.

2.   Sambal Lampung

sambal Lampung makanan khas lampung yang paling populer

Sambal ini merupakan salah satu oleh-oleh yang sering diburu oleh wisatawan. Hal ini disebabkan karena sambal yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Sambal ini diracik menggunakan bahan-bahan sederhana seperti ulekan cabe rawit merah dan bawang putih, lalu diberi tambahan cuka dan garam. Agar lebih awet, Sambal Lampung harus dikemas menggunakan botol.

3.    Kemplang

kemplang makanan khas lampung yang paling populer

Kemplang merupakan makanan khas Lampung dan Sumatera selatan yang dibuat tanpa menggunakan minyak. Cara pengolahanya cukup istimewa karena dibuat dengan cara dipanggang. Kemplang sangat cocok dikonsumsi sebagai cemilan karena memiliki cita rasa yang gurih dan tidak mengenyangkan. Bagi yang hobi nyemil, sebaiknya anda mencoba untuk mengkonsumsi Kemplang.

4.    Pindang

pindang makanan khas lampung yang paling populer

Pindang biasanya disajikan dengan kuah berwarna kuning dalam mangkuk berukuran sedang. Aroma kuahnya sangat harum karena di dalamnya terdapat daun kemangi. Ada beberapa jenis pindang yang ditawarkan disini, seperti Bawung Pindang Nanas, Udang Pindang, serta Cumi Pindang Kemangi. Jika penasaran dengan kelezatan makanan ini, sebaiknya anda datang ke Lampung untuk mencicipinya

5.    lapis Legit

lapis Legit makanan khas lampung yang paling populer

Kue ini merupakan salah satu makanan yang sering disajikan saat hari lebaran. Lapis legit merupakan kue yang tergolong mewah sehingga harganya sangatlah mahal. Kue yang menjadi warisan Belanda ini memiliki banyak sekali penggemar. Untuk membuatnya, bahan yang digunakan adalah 300 gram mentega, 100 gram terigu dan 30 butir telur. Hal inilah yang membuat kue ini terasa begitu legit.

6.    Gabing

gabing makanan khas lampung yang paling populer

Makanan ini merupakan salah satu jenis kuliner yang tergolong unik karena dibuat menggunakan batang kelapa. Cara membuatnya dilakukan dengan memotong-motong batang kelapa hingga berukuran sedang. Setelah itu bahan tersebut disayur menggunakan kuah santan. Batang kelapa memiliki rasa yang gurih dan manis.

7.    Umbu

umbu makanan khas lampung yang paling populer

Makanan khas Lampung yang terakhir adalah Umbu. Makanan ini merupakan lalapan asli yang berasal dari lampung. Lalapan ini bukan berasal dari dedaunan muda, melainkan terbuat dari rotan muda yang direbus hingga lunak. Lalapan yang satu ini memiliki rasa yang pahit seperti pare. Namun jangan salah, hal ini justru dapat menambah nafsu makan seseorang.

Itulah makanan khas Lampung yang layak untuk anda nikmati. Jika anda berwisata bersama keluarga di Pulau Sumatera, maka mampirlah ke Lampung untuk menyantap kuliner yang ada disini. Semoga artikel mengenai kuliner khas di Lampung ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia kuliner.

Tags: kuliner

Posting Terkait "7 Makanan Khas Lampung Yang Populer"

Rekomendasi Untuk Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya
Tujuan dari kita melakukan liburan selain untuk
Destinasi Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat
Salah satu nama kabupaten yang ada di
Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Kudus dan Sekitarnya
Kudus merupakan sebuah Kabupaten yang ada di