7 Makanan Khas Jakarta Yang Menggoyang Lidah

Inilah 7 Makanan Khas Jakarta Yang Menggoyang Lidah. Betawi merupakan sebutan suku asli Jakarta yang terkenal memiliki kuliner khas yang dapat membuat lidah bergoyang. Makanan khas kota ini dipengaruhi oleh budaya Eropa, Cina, dan Arab. Keunikan kuliner khas Betawi adalah makananya yang memiliki cita rasa yang gurih dan sedap.

Jika anda berlibur ke Jakarta bersama dengan keluarga atau kerabat terdekat, maka sebaiknya anda meluangkan waktu untuk menyantap hidangan lezat yang ada di kota ini. Bagi yang penasaran seperti apa lezatnya kuliner khas di kota ini, berikut merupakan 7 makanan khas Jakarta yang dapat menggugah selera makan.

1.    Kerak Telor

kerak telor makanan khas Jakarta yang menggoyang lidah

Makanan khas Jakarta yang pertama adalah Kerak Telor. Makanan ini hampir sama dengan martabak, namun yang membedakanya adalah isi dan cara membuatnya. Kerak telor memiliki isian ubi dan ketan, sedangkan cara membuatnya adalah dengan memanaskanya di atas tungku arang.

2.    Nasi Ulam

nasi ulam makanan khas Jakarta yang menggoyang lidah

Makanan ini merupakan makanan khas Betawi yang terpengaruh oleh kuliner Cina. Nasi Ulam biasanya menggunakan nasi pera yang disiram menggunakan semur telur, semur tahu atau semur kentang. Untuk meningkatkan cita rasa, nasi tersebut bisanya ditambah bihun goreng, perkedel kentang, telur dadar iris, dan cumi asin goreng. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika diberi daun kemangi, taburan kacang tanah tumbuk, bawang goreng, sambal, dan kerupuk.

3.    Ketupat Sayur

ketupat sayur makanan khas Jakarta yang menggoyang lidah

Makanan yang satu ini sangat cocok disantap sebagai menu sarapan pagi. Ketupat sayur dibuat dengan menggunakan irisan ketupat/lontong yang ditambah dengan kuah santan. Makanan ini bisa diberi tambahan lauk pauk seperti daging ayam agar rasanya lebih mantap. Untuk memperindah tampilan, anda juga bisa menambahkan kerupuk, kacang kedelai, serta bawang goreng.

4.    Gado-gado

gado-gado makanan khas Jakarta yang menggoyang lidah

Gado-gado merupakan makanan khas Jakarta yang sangat populer. Makanan ini berisi lontong/ketupat, kerupuk, sayuran, dan bawang goreng. Makanan ini terasa sangat nikmat karena menggunakan bumbu sambal kacang. Gado-gado sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam anda.

5.    Ketoprak

ketoprak makanan khas Jakarta yang menggoyang lidah

Makanan yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan gado-gado karena bahan yang digunakan adalah lontong dan bumbu kacang. Namun, Ketoprak juga menggunakan bahan lain seperti toge dan bihun. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang sangat terkenal karena banyak warung makan di Jawa yang menjual makanan tersebut.

6.    Semur Jengkol

semur Jengkol makanan khas Jakarta yang menggoyang lidah

Semur Jengkol merupakan kuliner khas Betawi yang tak terbantahkan keaslianya. Makanan ini tidak memiliki kembaran di daerah lain, dan mungkin hanya tersedia di Jakarta saja. Untuk menghilangkan bau jengkol, masyarakat biasanya merendam jengkol ke dalam  air kapur atau air rebusan tangkai padi.

7.    Soto Tangkar

soto tangkar makanan khas Jakarta yang menggoyang lidah

Makanan khas Jakarta yang terakhir adalah Soto Tangkar. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang lahir sejak jaman penjajahan Belanda. Orang Betawi yang hanya mampu membeli iga sapi yang dagingnya sedikit, mampu mengolahnya menjadi soto dengan cita rasa yang begitu nikmat. Sekarang Soto Tangkar sudah diberi tambahan daging dan jeroan sehingga akan terasa lebih lezat.

Itulah makanan khas Jakarta yang dijamin akan membuat lidah anda bergoyang. Kuliner khas Betawi merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal, hal ini disebabkan karena banyak rumah makan yang menjajakan makanan tersebut. Semoga artikel mengenai 7 kuliner makanan khas Jakarta ini dapat menambah pengetahuan anda seputar dunia kuliner.

Tags: kuliner

Posting Terkait "7 Makanan Khas Jakarta Yang Menggoyang Lidah"

Rekomendasi Untuk Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya
Tujuan dari kita melakukan liburan selain untuk
Destinasi Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat
Salah satu nama kabupaten yang ada di
Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Kudus dan Sekitarnya
Kudus merupakan sebuah Kabupaten yang ada di