7 Makanan Khas Aceh Yang Layak Dicoba

7 makanan khas aceh ini layak dicoba. Aceh merupakan salah satu kota di Pulau Sumatera yang letaknya berada di ujung pulau. Selain memiliki kekayaan budaya, kota yang terkenal dengan julukan Serambi Mekkah ini ternyata memiliki kekayaan kuliner. Berbagai sajian lezat dapat anda temui di kota ini, mulai dari makanan manis hingga gurih.

Jika berkunjung ke kota ini, anda akan merasa rugi jika tidak menyantap makanan khas yang ada disini. Rasanya yang mantap dijamin akan membuat anda ingin mencobanya kembali. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut apa saja makanan yang ada di daerah ini, berikut merupakan 7 ciri khas makanan aceh yang harus kamu coba.

1.    Manisan Pala

manisan pala makanan khas aceh ini layak dicoba

Makanan khas Aceh yang pertama adalah Manisan Pala. Selain dijadikan sebagai oleh-oleh, makanan yang satu ini juga biasa disajikan pada saat tahun baru dan perayaan hari-hari besar. Makanan dengan cita rasa manis ini merupakan salah satu makanan yang wajib anda coba saat berada di Aceh.

2.    Sanger

sanger makanan khas aceh ini layak dicoba

Bagi yang menyukai kopi, sebaiknya anda tidak melewatkan minuman yang satu ini. Jika dilihat sekilas, minuman ini akan tampak seperti capucino. Namun anda jangan salah karena rasa minuman ini jauh lebih nikmat dibandingkan minuman tersebut. Sanger merupakan minuman yang hanya bisa anda temui di Aceh. Jadi jika berada disini, sebaiknya anda tidak melewatkan minuman yang satu ini.

3.    Pisang Sale

pisang sale makanan khas aceh ini layak dicoba

Aceh ternyata juga terkenal dengan cemilan pisang sale. Cara membuatnya adalah dengan mengupas kulit pisang, lalu dijemur di bawah panas matahari. Setelah itu, pisang tersebut harus diasapi sehingga umur simpanya lebih lama. Untuk mendapatkan rasa yang lebih manis, pisang sale kemudian dilumuri menggunakan gula tebu.

4.    Kembang Loyang

kembang loyang makanan khas aceh ini layak dicoba

Kembang Loyang merupakan makanan khas Aceh yang dibuat menggunakan tepung roti, telur, gula, dan pati santan. Cetakan yang berbentuk kembang kemudian dimasukkan ke dalam adonan yang sudah rata, lalu digoreng di dalam penggorengan. Kue yang satu ini lebih mudah ditemui pada saat lebaran.

5.    Lepat

lepat makanan khas aceh ini layak dicoba

Makanan ini terbuat dari tepung yang dicampur gula merah hingga kalis. Setelah itu bahan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Agar terasa lebih nikmat, pada bagian tengahnya diberi tambahan kelapa parut yang telah digongseng bersama gula. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang populer karena makanan ini juga sering dijumpai di pulau Jawa.

6.    Rujak Aceh Samalanga

rujak aceh samalanga makanan khas aceh ini layak dicoba

Rujak ini memiliki keunikan dibandingkan dengan rujak lainya. Tempat ulekan yang digunakan untuk membuat rujak ini memiliki ukuran besar sehingga dapat menampung 50 porsi rujak. Selain itu ulekan yang digunakan biasanya terbuat dari kayu jati. Rujak Aceh Samalanga terkenal memiliki memiliki cita rasa yang manis, asam, dan pedas.

7.    Meuseukat

meuseukat makanan khas aceh ini layak dicoba

Makanan khas Aceh yang terakhir adalah Meuseukat. Makanan ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung terigu dengan campuran nanas. Perpaduan bahan yang unik membuat makanan ini memiliki cita rasa yang khas. Meuseukat sangat jarang ditemui di pasar tradisional sehingga untuk mendapatkanya anda harus memesan terlebih dahulu.

Itulah makanan khas Aceh yang layak anda coba saat berlibur disini. Bagi yang menyukai kuliner dengan rasa manis, sebaiknya anda mengunjungi provinsi yang satu ini. Semoga artikel yang membahas mengenai 7 makanan kuliner khas Aceh ini dapat memberikan manfaat bagi kamu semua.

Tags: kuliner

Posting Terkait "7 Makanan Khas Aceh Yang Layak Dicoba"

Rekomendasi Untuk Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya
Tujuan dari kita melakukan liburan selain untuk
Destinasi Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat
Salah satu nama kabupaten yang ada di
Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Kudus dan Sekitarnya
Kudus merupakan sebuah Kabupaten yang ada di