6 Tumbuhan Laut yang Sangat Berbahaya, Wajib Baca!

6 Tumbuhan Laut yang Sangat Berbahaya, Wajib Baca! – Terkadang kecantikan dan keelokan memang menyelubungkan keganasan pada setiap makhluk hidup tak terkecuali tumbuhan laut. Dibalik penampilannya yang sangat cantik dan menarik, tak jarang tumbuhan-tumbuhan di laut tersebut merupakan salah satu dari jenis tumbuhan di laut yang bisa dikatakan sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada makhluk hidup lainnya.

Selain berbagai jenis hewan berbahaya seperti hiu, barakuda dan sebagainya, tumbuhan di laut juga memiliki beberapa jenis yang dapat mengakibatkan bahaya bagi mereka yang mendekat atau memakannya. Penasaran apa saja mereka? Berikut ini 6 tumbuhan laut paling berbahaya di dunia.

1.    Karang Beracun

karang beracun tumbuhan laut paling berbahaya di dunia

Karang merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan laut, namun siapa sangka jika ada beberapa jenis karang yang beracun dan berbahaya bagi biota laut maupun manusia yang sedang menyelam di laut. Karang beracun juga bisa ditemukan di perairan Indonesia. Oleh karena itu, bagi kalian yang hobi menyelam, diharapkan untuk berhati-hati saat menyelam dan akan lebih baik untuk memperlajari jenis-jenis kerang beracun terlebih dulu sebelum melihat keindahan karang tersebut secara langsung di dasar laut.

2.    Pyrodinium

Pyrodinium tumbuhan laut paling berbahaya di dunia

Salah satu tumbuhan laut yang sangat berbahaya bagi hewan laut dan juga manusia adalah alga atau ganggang. Sebagian banyak ganggang mungkin tidak berbahaya bagi manusia maupun hewan laut, namun sampai saat ini telah ditemukan berbagai jenis spesies alga yang beracun. Di perairan Indonesia misalnya, belakangan ini para ilmuwan serta peneliti telah melaporkan penemuan mereka terhadap jenis-jenis alga beracun yang sangat berbahaya.

Salah satu jenis alga beracun yang ditemukan di Indonesia adalah alga dari golongan Pyrodinium. Jenis alga beracun tersebut ditemukan di sekitar Teluk Kao, Lampung dan juga antara Sulawesi dan Kalimantan. Kandungan paralytic shellfish poisoning (PSP) dalam alga tersebut dapat mengakibatkan rusaknya saraf dan kelumpuhan.

3.    Pseudo-nitzschia

Pseudo-nitzschia tumbuhan laut paling berbahaya di dunia

Selain alga dalam golongan Pyrodium yang merupakan salah satu tumbuhan laut yang sangat berbahaya, alga lain juga tak lama ini ditemukan memiliki kandungan racun yang tak kalah berbahaya bagi biota laut. Alga dalam golongan Pseudo-nitzschia ini disebut-sebut dapat menghasilkan asam domoic yang merupakan salah satu bentuk racun yang dapat menyerang sistem saraf. Salah satu kasus yang belum lama ini terkuak adalah kejangnya binatang laut di Samudra Pasifik akibat mengkonsumsi alga dalam jenis ini.

4.    Dinoflagellata

Dinoflagellata tumbuhan laut paling berbahaya di dunia

Dinoflagellata merupakan salah satu contoh lain dari tumbuhan laut yang sangat berbahaya karena racun yang dihasilkannya. Salah satu jenis tanaman air yang bisa tumbuh di perairan tawar dan asin ini biasanya memproduksi bahan kimia dengan kandungan racun yang tinggi yang dapat membunuh macam-macam hewan dan bahkan manusia jika mengkonsumsinya. Jika spesies ini tumbuh terlalu banyak dalam sebuah perairan juga dapat membahayakan kesehatan perairan tersebut karena dapat menyebabkan rasa busuk pada air, terutama air tawar. Salah satu jenis ganggang dalam spesies ini adalah ganggang api atau Pyrrophyta.

5.    Alga Biru Hijau

Alga Biru Hijau tumbuhan laut paling berbahaya di dunia

Selain itu ada juga alga atau ganggang lain yang bisa menjadi tumbuhan laut yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup lainnya terutama hewan laut. Beberapa jenis alga dengan warna hijau kebiruan tersebut memiliki kandungan racun yang berbeda-beda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Beberapa alga dalam jenis ini memiliki racun seperti Anabaena, Nostoc, dan Microcystins, dimana Microcystins merupakan salah satu racun yang dapat mengakibatkan kematian pada hewan. Racun ini akan bekerja dengan merusak hati yang kemudian berujung dengan kematian. Kandungan anatoxins yang ada pada beberapa jenis alga biru hijau juga sangat berbahaya karena menyerang sistem saraf pada hewan.

6.    Tumbuhan Anemon laut

Tumbuhan Anemon laut tumbuhan laut paling berbahaya di dunia

Salah satu makhluk laut yang cantik adalah anemon. Anemon yang terlihat seperti tumbuhan dan sering juga disebut sebagai tumbuhan ini merupakan seekor hewan yang berbahaya dan mematikan di dalam laut. Dengan warna-warninya yang begitu indah, anemon memiliki belalai beracun yang dapat mencengkeram mangsanya. Sedikitnya ada 10 atau bahkan ratusan tentakel beracun yang siap melumpuhkan hewan manapun yang melewatinya. Tumbuhan laut yang sangat berbahaya ini dapat menyengatkan racunnya seketika dan mengakibatkan rasa sakit serta pembengkakan pada manusia yang menyentuhnya.

Baca juga Jangan Pernah Menyentuh Tumbuhan Ini Jika Tak Ingin Mati Seketika

Tags: Tumbuhan

Posting Terkait "6 Tumbuhan Laut yang Sangat Berbahaya, Wajib Baca!"

5 Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Bukti Fosilnya!
Dinosaurus terbesar sepanjang sejarah merupakan bagian sejarah
Inilah Mengapa Terjadi Fenomena Albino Pada Hewan!
Kita semua pasti sering melihat fenomena albino,
Hutan Yang Masih Menjadi Misteri, Simak Info Mencengangkan Ini!
Hutan sebagai salah satu bagian penting di
Jangan Pernah Menyentuh Tumbuhan Ini Jika Tak Ingin Mati Seketika
Bukan hanya hewan, tumbuhan yang biasanya menjadi