5 Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Bukti Fosilnya!

Dinosaurus terbesar sepanjang sejarah merupakan bagian sejarah penting untuk umat manusia. Mungkin sedikit sulit dipercaya bahwa dulu pernah ada makhluk hidup yang begitu besar dan menganggumkan. Eksistensi dinosaurus pun hanya dapat anda nikmati lewat film-film hollywood, dokumentasi maupun cerita  dari mulut ke mulut. Namun, bukti yang tidak terbantahkan dari keberadaan dinosaurus adalah fosil.

Para arkeolog dari berbagai belahan dunia berhasil menemukan fosil dinosaurus dari berbagai jenis. Warisan inilah yang dapat diteliti oleh para ahli untuk membuktikan adanya dinosaurus di masa lampau dan juga mengidentifikasi jenis-jenisnya. Berikut ini adalah 5 dinosaurus paling besar dan juga fosilnya yang akan membuat anda terkagum-kagum dan terkejut!

1. Dreadnoughtus Schrani

Dreadnoughtus Schrani Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah

Para arkeolog berhasil menemukan fosil dinosaurus terbesar terbaru di Argentina. Dinosaurus ini dimanakan Dreadnoughtus Schrani. Para peniliti berhasil menemukan 70 persen tulang-tulang peninggalan makhluk ini dan mereka menyimpulkan bahwa panjang dinosaurus ini lebih panjang dari dua bis yang dibariskan. Dreadnoughtus merupakan bagian dari titanosaurus, yaitu jenis dinosaurus yang memiliki leher panjang dan herbivora atau pemakan tumbuhan. Dapat diperkirakan bahwa dinosaurus ini berukuran 26 meter dari kepadala hingga ekor dan beratnya adalah 60 ton. Yang lebih mengejutkan lagi fosil yang ditemukan ini merupakan fosil yang masih dalam masa pertumbuhan dan diperkirakan jika nanti dewasa, dinosaurus ini bisa melampaui besar sebuah pesawat terbang.

2. Argentinosaurus Huinculensis

Argentinosaurus Huinculensis Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah

Argentina sepertinya menjadi tempat dimana banyak fosil-fosil dinosaurus terbesar ditemukan. Selain Dreadnoughtus, Argentinosaurus yang juga ditemukan fosilnya di Argentina, merupakan salah satu dinosaurus yang paling besar yang pernah hidup di bumi. Argentinosaurus memiliki besar mencapai 88 hingga 110 ton dan jika diukur besar dinosaurus ini bisa menyaingi besar patung Liberty atau patung Christ The Redeemer. Telur dari dinosaurus ini saja sebesar American Football. Bisa dibayangkan bukan betapa besarnya dinosaurus ini.

3. Brachiosaurus

Brachiosaurus Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah

Brachiosaurus merupakan dinosaurus herbirova terbesar sepanjang sejarah. Dinosaurus terbesar ini sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat karena sudah sering muncul dalam berbagai film seperti film “Jurrasic Park’. Brachiosaurus memiliki berat mencapai 62 ton karena otaknya sendiri saja memiliki berat 6,5 ons. Fosil Brachiosaurus pertama kali ditemukan di Sungai Colorado. Selanjutnya, fosil-fosil dinosaurus ini mulai ditemukan di Portugal, Tanzania dan Algeria. Seperti dinosaurus herbivora lainnya, Brachiosaurus memiliki leher yang panjang dan kepala yang terbilang cukup kecil.

4. Futalognkosaurus

Futalognkosaurus Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah

Dinosaurus terbesar selanjutnya ditemukan pada tahun 2000 di Neuquen, Argentina. Nama dinosaurus ini diambil dari bahasa daerah dimana ia ditemukan yaitu bahasa Mapudungan. Futalognkosaurus memiliki arti kepala kadal raksasa. Melihat dari fosilnya, para arkeolog menyimpulkan bahwa dinosaurus ini bukan hanya dinosaurus terbesar namun juga terpanjang. Panjang tubuh Futalognkosaurus mencapai 32-34 meter, panjang ini melibihi panjang tubuh paus biru, yang merupakan hewan laut terpanjang yang ada. Berat dinosaurus ini mencapai 50-70 ton. Sepertinya sampai saat ini sudah dapat disimpulkan bahwa dinosaurus terbesar adalah dinosaurus herbivora, karena Futalognkosaurus juga merupakan bagian dari jenis herbivora.

5. Giraffatitan

Giraffatitan Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah

Giraffatitan dinamakan mirip dengan jerapah dalam bahasa inggris karena bentuk lehernya yang begitu panjang. Arti dari Giraffatitan sendiri adalah jerapah raksasa. Fosil dinosaurus ini berhasil ditemukan di Afrika oleh seorang ahli paleontologi asal Jerman. Fosil yang ditemukan berupa tulang belakang dan juga rahang. Berat dinosaurus ini dapat menyaingi berat 10 ekor mamoth yaitu 37,5 ton. Panjang Giraffatitan bisa melibihi panjang 20 rumah dengan tipe 3×4. Meskipun memiliki leher yang panjang, dinosaurus ini tidak akan jatuh karena kepalanya yang terlalu berat, karena lehernya memiliki rongga yang membuat lehernya terasa ringan.

Jadi, ada 5 dinosaurus terbesar sepanjang sejarah yang dapat anda ketahui yaitu Dreadnoughtus Schrani, Argentinosaurus Huinculensis. Brachiosaurus, Futalognkosaurus dan Giraffatitan. Keberadaan dinosaurus-dinosaurus ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak temuan atau fosil-fosil yang ditemukan oleh para arkeolog diseluruh dunia. Dinosaurus terbesar yang disebutkan tadi hidup di dunia sekitae 230 juta tahun yang lalu, masih banyak rahasia-rahasia dari dinosaurus yang belum terungkap. Bahkan hingga saat ini, hanya 80 persen bagian dari dinosaurus yang dapat ditemukan.

Tags: Binatang Dinosaurus

Posting Terkait "5 Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Bukti Fosilnya!"

Inilah Mengapa Terjadi Fenomena Albino Pada Hewan!
Kita semua pasti sering melihat fenomena albino,
Hutan Yang Masih Menjadi Misteri, Simak Info Mencengangkan Ini!
Hutan sebagai salah satu bagian penting di
Jangan Pernah Menyentuh Tumbuhan Ini Jika Tak Ingin Mati Seketika
Bukan hanya hewan, tumbuhan yang biasanya menjadi
Yeti, Makhluk Hidup di Kutub yang Masih Menjadi Misteri
Anda tentu sudah tak asing lagi dengan